Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Tingkatkan Pemahaman Demokrasi! Simulasi Pemilu dan Bimtek KPPS di Rutan Gresik

Gresik, beritajatim.net – Menjelang hari pemungutan suara Pemilu, Rumah Tahanan Negara Kelas IlB Gresik Kanwil Kemenkumham Jatim berkolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik untuk menggelar sosialisasi

dan simulasi Pemilu 2024 serta Bimbingan Teknis Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Aula dalam Rumah Tahanan Negara Kelas llB Gresik.

Hadir sebagai pemateri Abdul Alam Amrullah selaku Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan dari KPU Kabupaten Gresik yang terlibat dalam sosialisasi dan simulasi tersebut bertugas menyampaikan informasi serta menjenaskan mekanisme pencoblosan presiden dan legistlatif pada pemilu mendatang kepada warga binaan.

Setelah melakukan sosialisasi dan simulasi Pemilu 2024, dilanjutkan dengan bimbingan teknis bagi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). pelaksanaan Bimtek KPPS bertujuan memastikan setiap anggota KPPS memiliki pemahaman terkait tugas dan tanggung jawabnya selama pemilu.

Abdul Alam Amrullah selaku Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan menyampaikan materi berupa dua modul perihal penyelenggaraan pemungutan suara dan perhitungan, Sirekap, dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan memberikan pemahaman mendalam mengena dasar-dasar dalam proses pemungutan suara dan teknis yang harus diterapkan anggota KPPS.

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi perhitungan suara dan tata cara pelaporan yang benar menggunakan aplikasi
Sirekap Pemilu 2024.

Melalui simulasi ini diharapkan anggota KPPS memahami dan menguasai seluruh proses pemungutan suara, termasuk penggunaan teknologi untuk pelaporan yang lebih efisien. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *