Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Gempa Magnitudo 6,0 di Tuban, Guncangannya Terasa Sampai Surabaya-Sidoarjo

Sidoarjo, beritajatim.net – Di kutip dari data BMKG, Gempa tidak berpotensi tsunami terjadi gempa di 132 Km Timur Laut, Tuban, Jawa Timur dengan magnitudo 6,0, dengan kedalaman 10 km, Jumat (22/3/2024) pukul 11.22 WIB.

Guncangan gempa ini juga terasa hingga di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Jombang, Malang, dan sekitarnya.

Gempa pertama berkekuatan magnitudo 6,0 dan terjadi pada pukul 11.22 WIB. Sampai pukul 13.49 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat sudah ada 16 kali gempa susulan.

Salah satu warga Sidoarjo, Zainul Fajar mengaku berada di salah satu ruangan SMPN 1 Taman. Dia bersama sejumlah guru tengah mengikuti sebuah pertemuan.

Itu pas ada acara kan, tiba-tiba salah satu guru bilang ada gempa. Awalnya saya enggak paham tapi pas lihat pigura ternyata goyang-goyang” kata Fajar.

Akhirnya, para guru dan sebagian murid pun memutuskan langsung keluar dari ruangan masing-masing. Mereka berusaha menyelamatkan diri.

“Sebagian murid yang ikut pondok Ramadhan ada yang masih di kelas, ada yang ke lapangan. Tapi memang lumayan kenceng gempanya,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,79 derajat Lintang Selatan (LS) serta 112,32 derajat Bujur Timur (BT).

“Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 126 kilometer arah timur laut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 10 kilometer,” ujar Daryono dalam keterangan resmi, Jumat. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di Laut Jawa” jelasnya.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike-slip,” ungkap Daryono.

Menurut dia, gempa yang mengguncang wilayah Jawa Timur tersebut turut dirasakan oleh sejumlah wilayah Indonesia, seperti Trenggalek, Lamongan, Tulungagung, Kudus, Semarang. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *