Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Gus Firjaun : “Semangat, Komitmen dan Kesabaran Beri Pendampingan untuk Jember Zero Stunting”

Jember, beritajatim.net – Pada hari Selasa, (19/03/23) Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) digelar di Balai Desa Pakusari, Kecamatan Pakusari, Jember. Kegiatan diikuti oleh 54 orang peserta yang merupakan Tim Pendamping Keluarga dari Desa Jatihan, Pakusari dan Kertosari.

Menunjukkan keseriusannya dalam menurunkan angka stunting, Wakil Bupati Jember, K.H. MB. Firjaun Barlaman, hadir memberikan motivasi kepada anggota TPK hari itu. “Orientasi TPK ini saya harapkan dapat membangkitkan kembali semangat TPK dan menguatkan komitmen bersama dari pemerintah di tingkat kecamatan dan desa, akademisi, pelaku usaha, tokoh masyarakat dalam menangani stunting ataupun mencegah hal-hal yang dapat berpotensi menyebabkan stunting”.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Jember yang akrab dipanggil Gus Firjaun berharap bahwa Tim Pendamping Keluarga adalah tugas yang mulia untuk dapat menjadi ujung tombak dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Jember.

“Semoga TPK mengikuti kegiatan Orientasi dengan baik agar nantinya memiliki tambahan ilmu, semangat, komitmen, serta kesabaran dalam memberikan pendampingan. Semoga tahun 2024 di Kabupaten Jember tercapai zero stunting,” kata Gus Firjaun.

Menurut SSGI, angka stunting di Jember sempat mengalami kenaikan dari 23,9% di tahun 2021 menjadi 34,9% di tahun 2022. TPK menjadi salah satu langkah yang ditempuh untuk menurunkan kasus stunting. TPK yang terdiri dari bidan/tenaga kesehatan, kader PKK dan kader KB, tiga unsur ini bergerak aktif melakukan pendampingan kepada keluarga risiko stunting. Saat ini, kabupaten yang terkenal dengan jajanan khas suwar-suwir ini memiliki ribuan anggota Pendamping Keluarga.

Ikut mendampingi orientasi Ketua Tim Pokja Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Plt. Kepala DP3AKB Jember, Camat Pakusari, Penyuluh KB, serta Satgas Stunting.

Dalam kegiatan Orientasi Tim Pendamping Keluarga, peserta dibekali dengan materi Mekanisme Alur Pendampingan TPK, Verifikasi dan Validasi Keluarga Risiko Stunting, dan Aplikasi Elsimil yang menunjang tugas TPK dalam memberikan pendampingan kepada keluarga berisiko stunting mulai dari calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca persalinan dan keluarga baduta sebagai sasaran prioritas dalam upaya mewujudkan zero stunting. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *