Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
Bisnis  

Rayakan HUT ke-15, Koperasi BLN Bagikan 50 Ambulans

Boyolali, BeritaJatim.Net – Ulang tahun ke-15 Koperasi Bahana Lintas Nusantara (BLN) dirayakan Sabtu (18/08/2023) pagi berbarengan dengan peresmian Resto Nusantara Boyolali.
Pada hari yang sama juga diresmikan Sentra UMKM dan Pusat Oleh-oleh Boyolali.

Acara ini dihadiri sekitar 250 orang anggota BLN dari berbagai kota di Indonesia. Ratusan karangan bunga ucapan selamat ulang tahun BLN memenuhi tempat acara.
Puncak acara HUT ke-15 BLN ditandai dengan pergelaran wayang kulit semalam suntuk di Desa Timpik, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang.

Koperasi BLN berdiri 16 Juni 2006 dengan nomor badan hukum: 14099/BH/KDK II/2006 sebagai koperasi simpan pinjam. Sejak 2009 BLN berubah menjadi koperasi jasa.

Sejak itu anggota BLN menjadi lebih sejahtera. Karena pendiri sekaligus Ketua Koperasi BLN, KPA Nicholas Nyoto Prasetyo Dononagoro sudah memiliki 4 unit usaha.

Jadi, dana anggota BLN digunakan untuk membiayai atau jadi modal kerja unit usaha milik pribadi Ketua BLN.
Selanjutnya untung dari unit usaha tadi, dengan perhitungan rata-rata dapat untung 10 persen, sebesar 4,1 persen untuk dibagikan ke anggota sedangkan sisanya 5,9 persen menjadi keuntungan BLN untuk mendirikan unit usaha baru.

Faul Yudha Djaja, anggota BLN asal Sidoarjo menjelaskan, saat ini Koperasi BLN sudah memiliki 24 unit usaha. Ada perusahaan peleburan logam mulia, properti, travel umroh dan haji Suwandra Mitra Nusantara, showroom Nusantara Mobilindo, pabrik air sehat Bugaro, perusahaan tambang pasir, dll.

“Yang diresmikan di Boyolali hari ini adalah Resto Nusantara. Sebelumnya sudah diresmikan perusahaan pengolahan minyak goreng Selera Nusantara dan pabrik rokok rempah Kukus Nusantara,” ujar Yudha.

Untung 100 Persen, Yudha yang lahir di Caruban Madiun 53 tahun lalu itu menambahkan, Koperasi BLN punya motto Sugih Bareng Happy Bareng. Dan itu diwujudkan lewat program simpanan Si Pintar.

Bisnis
Rayakan HUT ke-15, Koperasi BLN Bagikan 50 Ambulans

“Anggota yang menabur (investasi) di BLN minimal Rp 1,2 Juta akan mendapatkan keuntungan Rp 100 Ribu selama 24 bulan atau total Rp 2,4 juta . Jadi anggota BLN untung 100 Persen,” jelasnya.

Dengan sistem pembagian keuntungan seperti itu, tambah Yudha, banyak anggota masyarakat yang sudah kenal program Si Pintar BLN tidak lagi menyimpan uangnya di bank. “Karena lebih untung kalau uang kita diputar di BLN,” papar Yudha.

Perayaan HUT ke 15 Koperasi BLN kemarin diwarnai banyak kejutan. Karena 18 Agustus 2023 kemarin bertepatan dengan HUT ke-15 Pak Nicho, panggilan akrab pendiri sekaligus Ketua Koperasi BLN.

Panitia mengumumkan bahwa Pak Nicho sudah menyiapkan 50 unit Ambulans untuk dibagikan kepada 50 kantor cabang BLN di seluruh Indonesia.

Untuk peserta Arisan BLN di Kabupaten Boyolali juga ada kejutan lain. Dua orang anggota BLN, yakni Sumiyem dan Eni Rahayu masing-masing mendapatkan hadiah sepeda motor.

Saat memberikan sambutan di acara HUT ke-15 Koperasi BLN, Nicholas Nyoto Prasetyo Dononagoro mengumumkan bahwa mulai bulan September 2023, BLN akan meluncurkan aplikasi BLN-Pay.

“Semua anggota BLN punya handphone bukan? Dengan aplikasi BLN-PAY nanti mau bayar apa saja bisa melalui handphone masing-masing,” kata Nicho disambut gemuruh tepuk tangan undangan yang hadir.

Bupati Boyolali yang berhalangan hadir karena sedang ada agenda dengan DPRD Boyolali mengutus Lasno, S.Pd, MM untuk memberikan sambutan dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi BLN untuk mensejahterakan masyarakat Boyolali. @Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *