Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

BPJS Kesehatan Gratis untuk Warga Sidoarjo Kembali Diaktifkan di Awal 2024

Sidoarjo, beritajatim.net – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali akan kembali mengaktifkan program BPJS Kesehatan Gratis atau Universal Healt Covarage (UHC) untuk seluruh warga kota delta.

“Program prioritas di 2024 ialah menuntaskan 17 Program Prioritas, salah satunya UHC,” kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor usai pengesahan APBD 2024 di Kantor DPRD Sidoarjo, Kamis (26/10/2023).

Gus Muhdlor menegaskan, untuk yang menunggak pembayaran BPJS Kesehatan akan dilunasi pada bulan Desember 2023.

“UHC akan tuntas, start mulai Desember (2023) kita bayarkan dan Januari sudah on semua,” ungkapnya.

Pada (31/5/2021) lalu, Pemkab Sidoarjo sempat melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan Sidoarjo untuk program Universal Health Coverage (UHC) yang berlaku bagi peserta BPJS kelas III

Pada saat itu, disosialisasikan ketika mau berobat ke rumah sakit atau Puskesmas cukup menunjukan KTP Sidoarjo, langsung dilayani. Biayanya juga ditanggung Pemkab Sidoarjo.

Pemkab Sidoarjo sudah mengucurkan anggaran sebesar Rp 14,5 miliar untuk pembiayaan selama satu bulan program UHC. Anggaran tersebut untuk membayar 398.089 jiwa penduduk Sidoarjo yang didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan Kelas III.

Sayang, program BPJS Kesehatan gratis ini tidak berjalan lama, per tanggal 1 Januari 2022, Pemkab Sidoarjo resmi menghentikan pembayaran UHC.

Alasannya, cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) belum memenuhi syarat minimal 95 persen.

Dalam program UHC juga banyak ditemukan data yang tidak valid. Misal, alamat penerima manfaat yang tidak sama dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ada juga faskes terlalu jauh.

Terima UHC Award 2023

Kabupaten Sidoarjo menjadi salah satu daerah yang mendapat penghargaan UHC Award 2023.

Penghargaan itu diberikan oleh Wakil Presiden Maruf Amin bersama sejumlah menteri di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Kemudian UHC Award 2023 diterima Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo.

Dari data yang berhasil dihimpun, kepesertaan BPJS di Sidoarjo mencapai kisaran 98 persen, tapi yang aktif hanya di kisaran 72 persen saja. Sementara syarat UHC minimal 95 persen peserta aktif.

“Hampir seluruh warga masyarakat di Kabupaten Sidoarjo telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan,” kata Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto dalam keterangan tertulisnya yang di rilis Kominfo Sidoarjo.

Dikonfirmasi terpisah pada (27/10/2023), Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Fenny Apridawati menyatakan jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan gratis yang akan ditanggung Pemkab Sidoarjo masi dalam proses.

“Masih proses,” ucap Fenny saat ditanya jumlah cakupan peserta yang akan ditanggung Pemkab Sidoarjo. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *