Jakarta, BeritaJatim.Net – Salah satu putra terbaik bangsa Indonesia, Ir. Sarwono Kusumaatmadja, Jumat (26/05/2023) sore, meninggal dunia di Penang Malaysia.
Mantan Menteri Lingkungan Hidup (1993-1998) ini lahir 24 Juli 1943. Menurut rencana, jenazahnya langsung diterbangkan dari Kuala Lumpur Jumat malam.

Tahun 1974, Sarwono Kusumaatmadja yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan ini lulus dari Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung. Pria dengan perawakan ceking itu juga dikenal sebagai aktivis mahasiswa. Jadi tidak heran jika Sarwono Kusumaatmadja kemudian malang-melintang di dunia politik.

Sarwono Kusumaatmadja pernah mengaku bahwa ilmu politik salah satunya berasal dari Mayjen TNI Purn Mas Isman, pendiri sekaligus Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong antara 1957-1982.

Peristiwa
Mantan Sekjen Golkar Meninggal Dunia di Malaysia

“Itu sebabnya almarhum Mas Sarwono Kusumaatmadja pernah juga aktif sebagai pengurus pusat KOSGORO,” tutur Agus Wahyu Nuryadi, Ketua Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) KOSGORO, Jumat (23/05/2023) malam.

Agus mengaku terkesan dengan pembawaan sederhana Sarwono Kusumaatmadja selama hidupnya. “Almarhum melarang anak dan istrinya untuk naik kendaraan dinas menteri yang menjadi haknya,” tutur Agus.
“Saat negara ini ribut gara-gara banyak pejabat, istri atau anaknya pamer harta di media sosial, saya langsung teringat Mas Sarwono Kusumaatmadja. Saya langsung menangis,” tambah Agus Wahyu Nuryadi.

Karir politik almarhum Sarwono Kusumaatmadja ada pada puncaknya saat menjabat Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Golkar. Almarhum juga pernah menjadi anggota DPR RI periode 1993-1998. @Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here