Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Ketua Umum Dan Pengurus Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Surabaya, Ziarah Ke Empat Makam Tokoh Silat di Surabaya

Surabaya, BeritaJatim.Net – Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Surabaya, Bambang Haryo Soekartono dan pengurus melakuan ziarah ke empat makam tokoh silat di Surabaya, Kamis (18/5/2023).

Rangkaian ziarah ke makam tokoh silat yang dilakukan bambang Haryo dan pengurus IPSI Surabaya dimulai dari makam almarhum Soebandiman Dirdjoatmodjo di Taman Pemakaman Umum (TPU) Ngagel. Almarhum merupakan pendiri Perisai Diri.

Saat ziarah di makam Soebandiman Dirdjoatmodjo, Bambang Haryo dan pengurus IPSI Surabaya menggelar doa, tahlil dan yasin. Dengan hanya beralasan perpal, Bambang Haryo, pengurus IPSI Surabaya dan keluarga almarhum Soebandiman Dirdjoatmodjo secara khusuk berdoa.

Selesai tahlil, yasin dan berdoa, Bambang Haryo melakukan tabur bungga di makam almarhum Soebandiman Dirdjoatmodjo dan almarhumah.

Selain ke makam Soebandiman Dirdjoatmodjo di Ngagel, Bambang Haryo dan pengurus IPSI Surabaya juga ziarah dan berdoa di tiga mekam tokoh silat lain di Surabaya.

Ketiga makam tokoh silat di Surabaya itu, yakni makam HM Atho’illah Iskandar di TPU Ketintang Besar. Almarhum merupakan pendiri IPS Nur Harias.

Selanjutnya ziarah ke makam R Ahmad Boestami Barasoebrata di TPU Balongsari Tandes. Almarhum merupakan pendiri PSN Perisai Putih.

Kemudian ziarah ke makam Mursalim Ngalim di TPU banjar Sugihan tandes. Almarhum pendiri PS Gopsu.

Bambang Haryo usai ziarah menjelaskan, ziarah keempat makam tokoh silat di Surabaya ini sengaja dilakukan dirinya dan pengurus IPSI. Ziarah dan pembacaan doa kepada almarhum.

“Kami lakukan ziarah muter, ada empat pendiri IPSI Surabaya. Saya juga pernah berguru dan latihan di Persai Diri. Semoga almarhum dan dan almarhumah mendapat tempat terbaik di sisi
Allah,” ucap Bambang Haryo.

Bambang Haryo menuturkan, ziarah in dilakukan dalam menyambut HUT IPSI ke-75. Juga jelang pelantikan Pengkot IPSI Surabya, Jumat (19/5/2023).

“Sebenarnya SK (IPSI Surabaya) sudh lama, tapi baru dilantik besok (Jumat, 19/5/2023). Mudah-mudahan silat Surabaya terus berprestasi dan memberi manfaat kepada masyarakat,” sebut bambang Haryo.

Pria yang akrab dipanggil BHS ini menerangkan, rankaian HUT IPSI ke-75 tidak hanya ziarah ke makam tokoh silat di Surabaya. Ada pemberian penghargaan kepada para pahlawan silat dan pemberian santunan ke anak yatim.

“Ada banyak pahlawan silat di Surabaya, mulai pembina, pelatih dan atlet yang berjasa memajukan silat. Mereka para pahlawan silat,” tegas BHS. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *