TNI  

Peringati Hardikal Ke-77, TNI AL Siap Bangun SDM Unggul Patriot NKRI

Surabaya, BeritaJatim.Net – Dalam rangka memperingati puncak Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal) ke-77, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Siap Membangun Sumber Daya Manusia Unggul Patriot Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan melaksanakan upacara parade dan defile yang dipusatkan di Lapangan Laut Maluku, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), Bumimoro, Surabaya. Rabu, (17/05/2023).

Upacara Hardikal Tahun 2023 dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali ,yang didampingi Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono, dan Pimpinan Lembaga Pendidikan TNI AL, serta dihadiri para Pejabat Utama Mabesal dan Pangkotama TNI AL, juga Wagub Jatim Emil Dardak serta undangan lainnya. Adapun peringatan Hardikal ke-77 tersebut mengangkat tema, “Dengan Semangat Hardikal TNI AL Siap Membangun Sumber Daya Manusia Unggul Sebagai Patriot NKRI Dalam Mendukung Pembangunan Nasional.”

Kasal dalam amanatnya menyampaikan bahwa momen Hardikal Ke-77 ini menjadi motivasi untuk meningkatkan peran dan kontribusi lembaga pendidikan TNI AL, dalam membentuk dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia guna mewujudkan kekuatan dan kemampuan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh.

“Di era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat, peran lembaga pendidikan semakin sentral dan penting. Tidak hanya mencakup pada aspek akademik, namun juga meliputi aspek pembangunan karakter, peningkatan keterampilan dan penajaman keahlian, untuk itu dibutuhkan upaya dan inovasi yang efektif dari lembaga pendidikan,” tutur Laksamana Muhammad Ali.

Lebih lanjut Kasal mengungkapkan jika salah satu langkah nyata yang telah diambil oleh lembaga pendidikan TNI AL adalah peningkatan kompetensi dosen dan tenaga pendidik agar lebih kreatif, mampu berpikir kritis, kolaboratif, komunikatif, inovatif, problem solving, berkarakter serta memiliki kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal tersebut telah direalisasikan dalam bentuk sertifikasi tenaga pendidik, hasil kerja sama Disdikal dengan beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Negeri Jakarta dan Unair.

Tni
Peringati Hardikal Ke-77, TNI AL Siap Bangun SDM Unggul Patriot NKRI

Laksamana Muhammad Ali juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh jajaran Kodiklatal, AAL, Seskoal dan STTAL, atas dedikasi, integritas dan loyalitas, dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan pendidikan dan latihan prajurit serta personel TNI Angkatan Laut.

“Tugas tersebut merupakan amanah yang mulia juga sangat penting, sebagai investasi jangka panjang dalam pembangunan Sumber Daya Manusia yang akan menentukan kemajuan organisasi TNI Angkatan Laut ke depan. Untuk itu dengan penuh rasa bangga saya mengucapkan, “Selamat Ulang Tahun Ke-77 Pendidikan TNI Angkatan Laut”.

Dalam peringatan Hardikal 2023 kali ini juga menampilkan Gita Suling Jala Taruna AAL dan demonstrasi Bela Diri Militer dari para Siswa Diktukpa TNI AL Angkatan 53 Tahun 2023. Selain itu Lemdik TNI AL juga menggelar berbagai kegiatan diantaranya donor darah yang menyumbangkan 900 kantong darah ke PMI Surabaya dan PMI Sidoarjo. Serta melaksanakan kegiatan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan yang berlokasi di Jl. Mayjen Sungkono Surabaya yang dipimpin Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Etta Suhartono, dan diikuti para Pimpinan Lemdik TNI AL.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *