Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Siap Bela Negara, 500 Siswa Komcad Matra Laut Jalani Pendidikan Latsarmil di Kodiklatal

Surabaya, BeritaJatim.Net – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono resmi membuka Pendidikan Latihan Dasar Militer (Diklatsarmil) siswa Komponen Cadangan (Komcad) Matra Laut tahun 2023, bertempat di Lapangan Ewa Pangalila Kodikmar Surabaya. Senin (08/05/2023).

Sebanyak 500 peserta berhasil lulus dari serangkaian tes seleksi dan menjadi Siswa Komcad Matra Laut yang siap membela negara. Mereka terdiri dari golongan Perwira : 100 pers (Pria : 90 orang dan Wan : 10 orang), golongan Bintara 350 pers (Pria : 310 orang dan Wan : 40 orang), serta golongan Tamtama : 50 pers Pria, akan dilatih dan dididik selama tiga bulan di kawah candradimuka Kodikmar Kodiklatal oleh para pelatih dari TNI AL.

Dalam amanat Menhan RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto yang dibacakan oleh Dankodiklatal menyampaikan bahwa, ini adalah wujud bela negara yang saudara-saudara lakukan untuk tanah air Indonesia, saudara-saudara membawa energi baru bagi penguatan pertahanan negara mengingat bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemhan dan TNI saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa termasuk saudara sekalian.

Tni
Siap Bela Negara, 500 Siswa Komcad Matra Laut Jalani Pendidikan Latsarmil di Kodiklatal

Menurutnya, perkembangan dinamika lingkungan strategis bergerak sangat dinamis yang tentunya membawa dampak pada potensi ancaman di masa saat ini, untuk mewujudkannya Indonesia membutuhkan pasukan-pasukan yang hebat untuk mempertahankan negara, menjaga kedaulatan negara dan menjaga kekayaan negara.

“Oleh karenanya penerapan strategi Sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata) adalah tepat, strategi ini diyakini mampu menangkal segala bentuk ancaman yang mungkin terjadi yakni dengan melibatkan seluruh komponen bangsa untuk mempertahankan NKRI salah satunya adalah pembentukan komponen cadangan,” kata Menhan RI.

Dankodiklatal juga menyampaikan pesan Menhan RI kepada para siswa Komcad Matra Laut Angkatan II TA. 2023 agar tetap memperhatikan faktor keselamatan baik personil dan materiil hindari tindakan arogan pelatih dan berikan hukuman yang mendidik, serta besar senantiasa memberikan kekuatan dan bimbingannya, sehingga kita dapat mempersembahkan prestasi terbaik bagi bangsa dan negara tercinta.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *