Surabaya, beritajatim.net – Di tengah lautan yang luas ribuan siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLII Gelombang 2 yang tergabung dalam Latihan Praktek (Lattek) pelayaran gabungan Wira Jala Yudha (WJY) XX Tahun 2023, melaksanakan serangkaian latihan peran yang akan menjadi bekal mereka di kedinasan nanti, Jumat (28/4/2023).

Serangkaian latihan peran tersebut dilaksanakan usai KRI Makassar (MKS) – 590 dan KRI Surabaya (SBY) – 591 yang membawa siswa lattek, melaksanakan Peran Muka Belakang yang dilanjutkan Peran Pemanduan. Siswa yang berada di KRI Makassar menerima pengenalan materi yakni Peran Tempur Bahaya Umum, Peran Melewati Medan Ranjau, dan Peran Kebakaran (PEK).

Sedangkan siswa Sekom (Sekolah Komunikasi) melaksanakan latihan kirim berita dengan Semaphore kepada Syahal Koarmada II. Sementara itu, untuk siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan XLII/2 kejuruan Marinir melaksanakan pembagian penempatan LCU, KAPA dan SPP/LCVT dan dilanjutkan drill kering sebagai persiapan latihan pendaratan.

Sementara itu untuk kegiatan latihan di KRI SBY, dilaksanakan Peran Helly yang melibatkan siswa Sekom dengan melaksanakan pengibaran Bendera Peran Helly dipandu ABK KRI. Kemudian siswa Senerbal mengikuti Peran Helly di Geladak Helly, Siswa Pusdikkes melaksanakan Latihan Evakuasi Medis, dan Siswa Pusdiktek melaksanakan Latihan PEK Peran Helly, serta para siswa lainnya menyaksikan Peran Helly tersebut di Hanggar Helly.

Di sore harinya seluruh siswa di KRI Makassar maupun di KRI Surabaya mengikuti kegiatan jam komandan yang diisi langsung oleh komandan kapal. Untuk KRI Makassar disampaikan oleh Letkol Laut (P) Hadi Subandi , sementara KRI Surabaya oleh Letkol Laut (P) Handoyo. Selesai jam komandan, dilanjutkan Pelajaran teori PEK dengan pengenalan segi tiga api dan pengenalan APAR oleh perwira PEK KRI. Sedangkan siswa Marinir melaksanakan latihan turun jaring LCVT dari KRI MKS untuk mendemonstrasikan pendaratan keesokan harinya. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here