TNI  

Jalin Silaturahmi Bersama Petani Binaan, Babinsa Bantu Pemupukan Tanaman Jagung

Gresik, Berita Jatim. Net – Sertu Aan Hendrawan Babinsa Koramil 0817/02 Wringinanom Kodim 0817/Gresik melaksanakan kegiatan pendampingan kepada petani binaan Bapak Kodri saat pemupukan tanaman jagung di Desa Lebaniwaras Kec. Wringinanom. Selasa(28/03/2023).

Hal ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan motivasi agar lebih sukses serta menjalin erat silaturahmi dengan petani binaan.

Jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang bisa dijadikan bahan makanan pokok pengganti nasi dan berbagai macam makanan olahan. Selain itu bagian dari tanaman jagung juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti daun, batang, klobot dan janggelnya.

Dalam budidaya tanaman jagung pemupukan menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan akan berhasil tidaknya tanaman tersebut.

Pada tanaman jagung pemberian pupuk bisa diberikan sebanyak 3 waktu/(3 kali). Di awali dengan pupuk dasar yaitu pada saat tanaman berumur, pupuk susulan pertama (I) pada saat tanaman berumur 28- 30 hari setelah tanam, dan pupuk susulan kedua (II) pada saat tanaman berumur 45-50 hari atau saat tanaman menjelang berbunga.

Saat di lokasi, Sertu Aan mengatakan bahwa keberhasilan budidaya jagung juga ditentukan oleh teknis, budidaya, hingga proses panen.

“Seperti pemilihan benih jagung juga perlu diperhatikan. Benih yang bagus tanaman akan tumbuh dengan baik dan juga tahan dari berbagai serangan penyakit sehingga dapat menghasilkan produksi jagung yang tinggi.”kata Sertu Aan sembari menyebar pupuk.

Disela-sela pemberian pupuk pada tanaman, Bapak Kodri mengungkapkan bahwa sangat senang adanya Babinsa yang mau turun membantu para petani.

“Saya sangat senang dengan kepedulian Babinsa terhadap binaannya sehingga dapat memberi nilai positif dan memotivasi petani lebih bersemangat dalam mengolah lahan pertaniannya.”ucap Bapak Kodri. @red

https://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *