Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Direktur Teknologi dan Informasi BPJS Kesehatan Pastikan Transformasi Digital di Sidoarjo Berjalan dengan Baik

Direktur Teknologi dan Informasi BPJS Kesehatan Pastikan Transformasi Digital di Sidoarjo Berjalan dengan Baik

Direktur Informasi dan Teknologi BPJS Kesehatan Edwin Aristiawan pastikan transformasi digital di fasilitas kesehatan di Wilayah Kabupaten Sidoarjo berjalan dengan baik dan lancar. Dalam kunjungannya ke Rumah Sakit Islam Aminah Sidoarjo, ia meninjau langsung beberapa fasilitas yang berkaiatan dengan teknologi dan informasi. Selain itu, ia juga langsung memberikan penghargaan kepada RSI Aminah karena komitmennya dalam implementasi integrasi sistem antrean online, integrasi sistem klaim dan fingerprint.

“Pada saat ini, kita harus bisa memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang. Kita juga pastinya tidak terlepas dari teknologi dalam menjalakan aktifitas sehari-hari karena hal itu akan mempercepat proses dan produktifitas kita dalam melakukan aktifitas,” ujarnya saat supervisi ke RSI Aminah Sidoarjo pada Jumat (22/03).

Menurutnya, saat ini peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah menemukan solusi yang pas dalam memudahkan pelayanan di fasilitas kesehatan, solusi itu ada di Aplikasi Mobile JKN. Ia juga mengajak kepada peserta yang belum mengunduh aplikasi Mobile JKN agar segera mengunduh aplikasi tersebut.

“Kalau kita tidak mencoba, maka kita tidak akan merasakan manfaat dari aplikasi tersebut. Saya mengajak kepada semuanya untuk mengunduh aplikasi ini sekarang juga dan rasakan manfaatnya. Saat ini layanan kita itu sudah ada dalam satu genggaman saja dan itu harus kita manfaatkan semaksimal mungkin. Teknologi juga jika salah dalam penggunaannya, maka akan salah dan pastinya akan memakan waktu yang sangat lama. Sehingga, kita harus paham terlebih dahulu tata cara penggunaannya,” ajaknya.

“Kami juga saat ini sudah ada fitur baru di aplikasi Mobile JKN yaitu Informasi Pencarian Riwayat Pelayanan Kesehatan (I-Care JKN). Fitur tersebut berfungsi untuk mempermudah peserta dalam mencari riwayat pelayanan kesehatan dan juga memudahkan dokter dalam melihat riwayat pelayanan kesehatan yang pernah diakses sebelumnya oleh peserta,” ungkapnya.

Diwaktu yang sama, Direktur RSI Aminah Sidoarjo Endang Sulistyorini mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang sudah mempercayai rumah sakit yang ia pimpin untuk melayani peserta JKN. Ia juga bersyukur bahwa rumah sakit yang ia pimpin sudah mendapatkan penghargaan bintang tiga langsung oleh BPJS Kesehatan atas komitmennya dalam implementasi integrasi sistem antrean online, integrasi sistem klaim dan fingerprint.

“Penghargaan ini tentunya untuk kita semua dan ini akan menjadi pemacu kami dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada peserta. Karena pada prinsipnya, kami sangat mendukung upaya digitalisasi yang saat ini sudah mulai dicanangkan agar peserta bisa semakin mudah dalam mendapatkan pelayanan di rumah sakit kami,” kata Endang pada saat selesai menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Direktur Teknologi dan Informasi BPJS Kesehatan Edwin Aristiawan.

Ia juga mengatakan bahwa penerapan antrean online ini sudah sangat membantu peserta dalam mengakses layanan di RSI Aminah. Selain itu, saat ini sudah banyak peserta yang memanfaatkan aplikasi Mobile JKN.

“Kami disini ada yang namanya Duta Mobile JKN, jadi petugas tersebut nantinya akan memberikan sosialisasi dan edukasi terkait manfaat dari Aplikasi Mobile JKN kepada pasien yang datang ke rumah sakit kami. Selain itu, petugas juga akan memandu peserta sampai bisa masuk ke akun aplikasi tersebut,” kata Endang.

Diakhir, ia berharap bahwa kerja sama dengan BPJS Kesehatan bisa terus berlanjut dan komitmen yang sudah dijalankan akan terus dipertahankan. Janji layanan juga menjadi komitmennya dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

“Kami pastikan layanan disini tidak ada yang dibeda-bedakan karena itu sudah menjadi komitmen kami dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta,” tutupnya. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *