Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

BPJS Sidoarjo, Transformasi Mutu Layananan JKN Sidoarjo

Sidoarjo, beritajatim.net – Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo gelar acara gathering bersama puluhan awak media Sidoarjo, pada Selasa (20/06/2023). Acara tersebut dikemas sebagai bentuk Sinergitas Program JKN Bersama Komunitas Media guna mengenalkan Transformasi mutu layananan JKN Sidoarjo dalam bentuk aplikasi dengan berbagai layanan yang memudahkan peserta JKN.

Dalam acara tersebut terdapat dua narasumber utama. Yakni Rini Purnawati Staf Bidang Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Sidoarjo yang membahas pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN dan dr Nurul Hidayati yang membahas soal pola hidup sehat.

Dipaparkan, hadirnya Aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk pengembangan yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam memanfaatkan teknologi informasi. Aplikasi pintar dalam genggaman. Manfaat dan kemudahan yang diberikan oleh Aplikasi Mobile JKN tersebut membantu peserta mendapatkan kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan.

”Manfaat lainnya, peserta dapat menggali informasi data peserta dan keluarga, informasi tagihan dan pembayaran iuran, mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Fasiltas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) serta mudah menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS,”papar Rini Purnawati di ruang pertemuan lantai 4 Kantor BPJS Kesehatan Sidoarjo, Selasa 20 Juni 2023.

Syaratnya, peserta JKN wajib mengunduh aplikasi melalui appstore atau playstore dalam platform android maupun IOS terlebih dahulu. Kemudian registrasi dan siapkan kartu peserta JKN atau KTP.

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Manusia (SDM) Umum dan Komunikasi Publik, Dody Widodo, BPJS Kesehatan Sidoarjo menyampaikan, terkait Transformasi Mutu Layanan, BPJS Kesehatan Sidoarjo terus melakukan inovasi melalui edukasi kepada masyarakat perihal program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dengan transformasi mutu layanan masyarakat akan semakin mudah mendapatkan pelayanan kesehatan. Kami terus berkeliling ke pelosok – pelosok di wilayah Sidoarjo melalui Mobile Customer Service (MCS). Kemudian informasi melalui pemberitaan diberbagai media,” tegas pria yang akrab disapa Dody ini.

Selain itu, kata Dody, BPJS Kesehatan bersama fasilitas kesehatan terus berkolaborasi dalam memberi layanan terbaik kepada peserta JKN. Salah satunya dengan mendukung Janji Layanan JKN itu sendiri.

“Kami sajikan dengan cepat, mudah dan setara dalam setiap pelayanan. Pemantauan ini terus kami jalankan, seperti daftar berobat cukup dengan KTP, tanpa foto copy berkas dan paling penting tidak ada tambahan biaya diluar ketentuan serta melakukan pengawasan pembatasan hari rawat pasien,” paparnya.

Diakhir Dody mengajak, bagi seluruh masyarakat dan stakeholder terkait, Program JKN adalah program milik peserta.” Semua harus terlibat, peserta jangan sungkan menyampaikan pengaduan demi kemajuan bersama,” pungkasnya.

Narasumber kedua, dr Dr Nurul Hidayati menyampaikan secara detail Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Bahkan dokter yang buka praktek di Desa Bungurasih, Kecamatan Waru dan Desa Wadungasih, Kecamatan Buduran ini mengajak wartawan Sidoarjo untuk tetap menjaga kesehatannya di tengah sibuk liputan.

“Jaga kebersihan dan kesehatan seperti saat ada pandemi Covid-19 kemarin agar kita terhindar dari berbagai penyakit,” pungkasnya. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *