Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Latihan Organik II Sebagai Wujud Pemeliharaan Kemampuan Prajurit Kodiklatal

Surabaya, BeritaJatim.Net – Komandan Pusat Latihan Marinir (Danpuslatmar) Kolonel Marinir Yudi Asmar Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) membuka Latihan Organik II Kodiklatal TA 2023 dengan materi Gerakan Maju Untuk Kontak (GMUK) dan Patroli, bertempat di D’ Trisula Park and Lounge Puslatmar Kodiklatal. Senin, (08/05/2023).

Latihan Organik II merupakan salah satu upaya untuk memelihara kemampuan dan membina Prajurit Kodiklatal dibidang operasi darat khususnya GMUK dan Patroli, perlu di ketahui bersama Kodiklatal merupakan Kotama Pembinaan dalam hal Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL yang mempersiapkan prajurit Matra Laut sebagai pengawak Organisasi TNI AL.

Dalam amanatnya Danpuslatmar mengatakan bahwa, dalam membentuk prajurit Matra Laut yang handal dan profesional, diperlukan seorang sosok Pelatih, Pembimbing dan Instruktur yang mumpuni baik dari segi akademik, fisik dan mental, sehingga dapat memberikan suri tauladan kepada prajurit yang dididik dan dilatih.

“Profesionalisme seorang prajurit tentunya tidak akan pernah tercapai tanpa adanya latihan secara terus menerus dan berkesinambungan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan Anggota Tetap (Antap) Kodiklatal dalam pelaksanaan latihan perlu dilaksanakan latihan tersebut, agar mendapat hasil yang optimal guna mendukung tugas – tugas TNI AL,” ungkap Kolonel Marinir Yudi Asmar.

Tni
Latihan Organik II Sebagai Wujud Pemeliharaan Kemampuan Prajurit Kodiklatal

Adapun tujuan dari latihan ini adalah untuk menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam penyelenggaraan latihan GMUK dan Patroli, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar untuk mencapai sasaran latihan yaitu meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit Kodiklatal.

Pada latihan kali ini Danpuslatmar menekankan kepada para pelatih maupun para peserta latihan agar tetap perhatikan keamanan latihan (zero accident) selama latihan berlangsung, sehingga latihan dapat berjalan dengan lancar dan aman sesuai dengan program yang telah direncanakan.

Latihan yang akan dilaksankan dengan Metode Teori / Pembekalan, Drill dan Praktek ini di ikuti oleh para personel Kodiklatal yaitu Penyelengara 11 personel dan Pelaku 110 personel.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *