Surabaya, BeritaJatim.Net – Wakil Komandan (Wadan) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksda TNI Rachmad Jayadi mewakili Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono menggelar kegiatan bakti sosial donor darah yang berlangsung di Gedung R. Moeljadi Mako Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Senin, (08/05/2023). Kegiatan donor darah juga dilaksanakan di Lembaga Pendidikan (Lemdik)TNI Angkatan Laut lainnya yakni di Bumi Cipulir Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) dan Satuan Pendidikan-2 (Satdik-2) Kodiklatal di Makassar.

Aksi sosial Donor Darah dalam rangka menyambut peringatan Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) ke – 77 tersebut mengangkat tema, “Dengan Semangat Hardikal TNI AL Siap Membangun Sumber Daya Manusia Unggul Sebagai Patriot NKRI Dalam Mendukung Pembangunan Nasional”. Adapun tujuannya adalah sebagai upaya membantu Pemerintah dalam meningkatkan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Menyambut Hardikal tanggal 12 Mei mendatang, ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Lemdik TNI AL yaitu Kodiklatal, AAL, Seskoal, dan STTAL. Dan hari ini kita mulai dengan kegiatan sosial yaitu donor darah. Kegiatan donor darah yang terpusat di Surabaya di koordinatori oleh Kodiklatal dengan peserta donor darah dari Kodiklatal, AAL, STTAL dan Jalasenastri. Namun demikian di Seskoal Cipulir maupun Satdik – 2 Makassar juga melaksanakan kegiatan yang sama,” ungkap Wadan Kodiklatal yang didampingi Dankodikdukum Laksma TNI Budi Raharjo, Wadan STTAL Kolonel Laut (P) Yoyok Nurkarya Santosa, Kepala PPM AAL Kolonel Laut (E) Ertawan Juliadi, Komandan Pusdikkes Kodiklatal
Kolonel Laut (K) dr.Pudjo Dwi Laksono, M.Kes., Sp.THT.KL., M.H Ketua Bidang Baksos Hardikal ke 77, Perwakilan PMI Surabaya dan PMI Sidoarjo saat jumpa pers dengan awak media.

Tni
Sambut Peringatan Hardikal Ke-77, Kodiklatal Donorkan Darah 900 Kantong

Lebih jauh Laksda TNI Rachmad Jayadi mengatakan kegiatam donor darah kali ini mempunyai target 900 kantong yang dibantu oleh PMI Surabaya dan PMI Sidoarjo dengan melibatkan tenaga kesehatan sebanyak 49 orang. “Semoga mereka kuat dan tentunya mereka akan bekerja keras memberikan sumbangsih tenaganya untuk mengambil darah 900 orang ini, namun tentunya ini juga memiliki tujuan yaitu untuk mengisi pundi-pundi stok darah yang akan bermanfaat bagi masyarakat di Surabaya,” ujarnya.

Menurut Wadan Kodiklatal kegiatan donor darah rutin dilaksanakan setiap hari-hari besar seperti Hardikal, hal tersebut dikarenakan banyak sekali yang membutuhkan darah terutama di wialyah Surabaya. “Dan PMI sendiri sering kehabisan stok darah, dengan sumbangsih darah dari Prajurit dan para Siswa sebanyak 900 kantong, Insya Allah akan memberikan kebutuhan masyarakat Surabaya terhadap kantong darah,” pungkasnya.
Selain dari Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Kodiklatal serta anggota Jalasenastri, para penyumbang darah juga datang dari para siswa yang sedang menjalani pendidikan di Kodiklatal yang berasal dari Kodikopsla, Kodikdukum, Kodikmar, Puslatdiksarmil, Jalasenastri, Taruna AAL serta Mahasiswa STTAL beserta Anggota tetap ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here