Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Komandan Kodikmar Sambut Dan Tutup Dikko Marinir Angkatan 171

Surabaya, BeritaJatim.Net – Komandan Komando Pendidikan Marinir (Dankodikmar) Kodiklatal, Brigadir Jenderal TNI Mar M. Nadir, M.Tr.Opsla menyambut sekaligus resmi menutup latihan praktek (Lattek) Pendidikan Komando (Dikko) Marinir Angkatan 171 Tahun 2022. Upacara penutupan yang ditandai dengan pelepasan tanda siswa Dikko, penyematan brevet komando, pemakaian pisau marinir, dan penyerahan piagam siswa dikko terbaik diikuti sebanyak 289 siswa terdiri dari sebayak 39 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat II Korps Marinir Angkatan ke-70 TA. 2022/2023 dan 250 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Marinir XLII/1 tahun 2022 berlangsung di Lapangan Ewa Pangalila Kodikmar, Gunungsari, Surabaya, Senin (8/5/2023).

Dibawah kendali Mayor Marinir Siswanto selaku Perwira Pelaksana Latihan Praktek (Palaklattek) dan juga Komandan Sekolah Tamtama Infanteri Marinir Kodikmar,rangkaian kegiatan Lattek Dikko yang dibuka sejak tanggal 22 Februari 2023 lalu ini meliputi problem taktis dasar komando, kelautan, hutan dan gunung, operasi khusus gerilya lawan gerilya, dan lintas medan yang bertujuan untuk membekali dan melatih para siswa Marinir agar memiliki kemampuan dan keterampilan melaksanakan taktik dan teknik pasukan komando serta diaplikasikan saat berdinas di Korps Marinir TNI AL.

Sementara dalam sambutannya Dankodikmar mengatakan bahwa para siswa telah dilatih dan dibekali berbagai macam ilmu pengetahuan dan keterampilan baik perorangan hingga taktik satuan kecil, taktik dan tehnik sebagai pasukan gerilya maupun lawan gerilya, berjalan kaki melintasi berbagai medan dan cuaca, dengan semangat dan jiwa komando yang tidak mengenal lelah sebagai bekal dasar prajurit Korps Marinir.

Tni
Komandan Kodikmar Sambut Dan Tutup Dikko Marinir Angkatan 171

“Kemampuan bertempur baik di darat, di hutan maupun di laut pada berbagai medan dan cuaca yang telah kalian dapatkan harus bisa dipertanggungjawabkan dan jangan cepat puas dengan apa yang yang kalian raih. Aplikasikan semua ilmu yang telah kalian dapat di manapun berada dan bertugas nantinya. Menjadi Marinir adalah pilihan hidup, dan menjadi Marinir adalah kebanggaan,” tegas Dankodikmar kepada seluruh siswa Dikko Marinir -171.

Dalam kesemptan ini Dankodikmar juga memberikan Brevet Kehormatan kepada Direktur Pendidikan Kodiklatal Laksma TNI Ariantyo Condro Wibowo, dan kepada Subagminkes Satkes Kodiklatal selaku dokter latihan yang selama 3 tahun berturut turut mendapingi siswa dikko Marinir yaitu dr. Raditya Bagus Kusuma Eka Putra.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *