Wakil Bupati Sidoarjo Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Ruwat Desa Sidokepung

Sidoarjo– Wakil Bupati Sidoarjo, H. Subandi, SH menghadiri pagelaran wayang kulit yang menjadi puncak rangkaian acara Ruwat Desa Sidokepung Kecamatan Buduran,  Kamis malam kemarin, (16 Maret 2023).

Acara tersebut diawali khataman Al-Qur’an dan tasyakuran di pesarean Mbah Sapujagad. Pagelaran wayang kulit menampilkan lakon Wahyu Mahkuto Romo dengan dalang Ki Yohan Susilo di gelar pendopo kantor desa setempat.  Acara tersebut dihadiri oleh ratusan warga serta perangkat desa, perwakilan pejabat dilingkungan Kecamatan Buduran, dan unsur TNI-Polri.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sidokepung, Elok Suciati, menyebutkan bahwa acara ini menjadi euforia bagi warga karena sudah lama tidak mengadakan acara seperti ini akibat pandemi Covid-19. Ia juga mengatakan bahwa acara tersebut merupakan upaya melestarikan budaya warisan leluhur.

Wakil Bupati Abah Bandi sapaan akrab Wabup Sidoarjo itu mengapresiasi dan berterima kasih kepada warga setempat yang telah ikut berupaya melestarikan budaya warisan leluhur. Ia juga menekankan pentingnya melestarikan budaya sebagai identitas bangsa.

Dalam kesempatan tersebut, Abah Bandi juga berharap agar acara tersebut dapat membawa berkah dan mengharapkan agar semua hajat warga diijabah oleh Allah SWT. Ia juga berharap bahwa acara seperti ini dapat terus diselenggarakan dan menjadi bagian dari budaya masyarakat setempat.

“Acara pagelaran wayang kulit seperti ini diharapkan dapat memberikan nilai edukasi bagi warga setempat, terutama dalam hal melestarikan budaya dan menjaga tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang mereka. Selain itu juga diharapkan dapat menjadi stimulus untuk mengembangkan potensi wisata budaya di daerah,”sampainya.
@red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *