Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Lanal Banyuwangi Gelar Lomba Perahu Layar Tradisional

Banyuwangi, beritajatim.net – Dalam rangka menyambut HUT Armada RI Ke-78 Tahun 2023, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi mengelar lomba perahu layar tradisional memperebutkan piala tetap Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi Cup yang dilaksanakan di Pantai Banyuwangi Beach, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro Kab. Banyuwangi Jawa Timur. Minggu (3/12/2023).

Acara diawali dengan bersih-bersih pantai yang diikuti oleh Prajurit Lanal Banyuwangi dan Ibu Jalasenastri Cabang 6 Korcab V DJA II serta peserta lomba.

Sebelum acara lomba dimulai Danlanal menyampaikan kepada para peserta lomba, agar senantiasa memperhatikan faktor keamanan personel dan material. Untuk mengantisipasi terjadinya laka laut pada saat pelaksanaan lomba, Lanal Banyuwangi telah menyiagakan 1 Unit RHIB dan 1 Unit Sea Rider serta Tim SAR untuk melaksanakan pengamanan kegiatan lomba tersebut.

Acara lomba Perahu Layar Tradisonal tersebut dibuka langsung oleh Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha R, didampingi oleh Forkopimda Banyuwangi yang ditandai dengan penembakan pistol suar ke udara.

Kegiatan lomba tersebut diikuti 54 peserta yang berasal dari masyarakat nelayan Banyuwangi dan Gilimanuk Bali. Perlombaan tersebut dibagi menjadi 3 etape untuk berlomba menyusuri Selat Bali dan kembali ke titik start dengan total jarak sekitar 8,5 mil.

Tni
Lanal Banyuwangi Gelar Lomba Perahu Layar Tradisional

Dalam keterangannya kepada awak media, Danlanal Banyuwangi menyampaikan, “selain dalam rangka memeriahkan HUT Armada RI, maksud dan tujuan dilaksanakan lomba ini kami ikut melestarikan tradisi dan budaya Banyuwangi. Event ini rutin diselenggarakan setiap tahun tersebut juga bertujuan untuk mendongkrak perekonomian Banyuwangi dengan melibatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta kunjungan wisatawan ke lokasi kegiatan tersebut.

Diakhir kegiatan Danlanal Banyuwangi memberikan paket sembako serta memberikan piala tetap Danlanal Banyuwangi serta sertifikat dan uang pembinaan kepada masing-masing pemenang lomba.

Adapun pemenang pertama Lomba Perahu Layar Tradisional diraih oleh Tim Perahu Layar “Master Black” dari Bangsring, Juara Kedua diraih Tim Perahu Layar “Perjuangan 45” dari Bulusan dan Juara Ketiga diraih Tim Perahu Layar “Ajudan Pusat” dari Bulusan. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *