Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Babinsa Masuk Sekolah, Lakukan Sosialisasi Pencegahan Bullying Dilingkungan Sekolah

Surabaya, beritajatim.net – Bertempat di MI Al Amin Jl. Banjarsugihan Baru No. 89 RW.04 RT. 07 Kelurahan Banjarsugihan Kecamatan Tandes, Babinsa Banjarsugihan Koramil 0830/05 Tandes Serda M. Muchlas memberikan sosialisasi tentang bullying di lingkungan sekolah kepada siswa-siswi Sekolah MI Al Amin, Jum’at (1/12).

Perundungan atau Bullying masih sering terjadi di lingkungan Sekolah dari berbagai tingkat pendidikan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menanamkan kembali nilai-nilai moral dan etika serta rasa empati kepada siswa-siswi di lingkungan sekolah.

Dalam kegiatan ini terlihat Serda Muchlas begitu antusias dalam memberikan edukasi anti bullying kepada siswa-siswi. Dirinya memberikan materi mulai dari apa itu arti perundungan, bagaimana perundungan terjadi, bentuk-bentuk perundungan, hingga akibat dari perbuatan bullying yang dapat merugikan teman, orang tua, diri sendiri dan nama baik sekolah.

“Perundungan atau bullying adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang terhadap orang lain, baik melalui fisik atau psikologis, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus sehingga berpotensi membuat korban trauma dan tertekan”, terangnya.

Tindakan bully tidak hanya berupa kekerasan secara fisik kepada korban, seperti memukul, menampar, atau menendang. Selain tindakan fisik Bullying juga dapat berupa mengejek, memanggil seseorang dengan sebutan yang tidak sewajarnya atau cenderung tidak sopan.

Serda Muchlas berharap apa yang sudah disampaikan bisa bermanfaat, bahwa dalam lingkungan sekolah harus saling menghargai dan menghormati sesama siswa, sehingga proses belajar berjalan lancar dan tidak ada gangguan, pungkasnya. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *