Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Kirab Pemilu 2024, Bupati Gus Muhdlor Dorong Penguatan Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Sidoarjo, beritajatim.net – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali bersama Ketua KPU Jawa Timur dan KPU Sidoarjo beserta jajaran komisionernya menerima rombongan KPU Kota Makassar dan KPU Sulawesi Selatan dalam serah terima Kirab Pemilu Tahun 2024 di Pendopo Delta Wibawa pada Minggu (20/08/2023).

Kirab ini merupakan bagian dari sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Republik Indonesia ditingkat Nasional maupun ditingkat yang paling bawah. Kabupaten Sidoarjo merupakan jalur yang ke lima yang diterima dari kota makassar yang kemudian kedepan akan diserahterimakan di Mojokerto. Sebelum diserahterimakan, bendera 18 parpol ini akan dikirab ke seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Sidoarjo oleh PPK.

Dalam sambutannya, Gus Muhdlor menyampaikan bahwa dalam produk pemilu adalah pemimpin, jadi penting bagi pemilih pemula untuk mengetahui bagaimana pemimpin yang akan berpengaruh pada perubahan.

“Yang namanya produk pemilu pasti hasilnya adalah pemimpin yang esensinya bukan hanya berdasarkan kuantitas tetapi kualitasnya. Nantinya, akan terlihat seberapa besar pengaruh perubahan yang dibawa oleh pemimpin yang terpilih,” jelasnya.

Gus Muhdlor menekankan bahwa untuk mengejar pemimpin yang akan membawa perubahan tersebut maka pentingnya pendidikan politik bagi pemula yaitu generasi muda.

“Output dari pemilu nantinya adalah bukan sekedar jumlah partisipasinya tetapi kualitas pemilih kita yaitu pendidikan politik pada generasi muda yang harus kita kejar dan ditanamkan,” jelasnya.

Ia juga berharap KPU Kabupaten Sidoarjo juga konsen pada dunia pendidikan politik kepada pemilih khususnya pemilih pemula karena ada 40 persen pemilih di Sidoarjo adalah pemula.

“Semoga Kabupaten Sidoarjo melalui KPU dan semua komisionernya menjadi promotor bahwa pemilu di Sidoarjo bukan hanya berdasarkan kuantitas dan angka-angka saja tetapi hasil kualitas melebihi apa yang menjadi ekspektasi oleh masyarakat,” tutupnya.

Pemerintahan
Kirab Pemilu 2024, Bupati Gus Muhdlor Dorong Penguatan Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Sementara itu Ketua KPU Jawa Timur Zainul Anam dihadapan rombongan KPU dari Sulawesi Selatan juga dari KPU Kota Makassar menyampaikan bahwa Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur dari 38 kabupaten/ kota dengan pemilih yang cukup besar ada kurang lebih 1.490.000 pemilih.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya pada Bupati Sidoarjo yang selama ini telah memiliki kontribusi yang luar biasa kepada penyelenggara pemilu yang sebagai bukti dapat dilihat kegiatan bisa terlaksana dengan sangat meriah dengan sangat mewah,” ucapnya.

Sekedar informasi, kegiatan kirab pemilu ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan menyebarluaskan informasi terkait Pemilu 2024 sebagaimana pemilu merupakan sarana untuk melakukan proses pergantian atau perpindahan kekuasaan cara damai dan legal.

Selain itu Kirab ini juga bertujuan untuk mewujudkan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa dengan membawa adat istiadat, seni-seni, serta keberagaman bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada kegiatan ini pula dilaksanakan Penandatanganan Deklarasi Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa oleh Bupati Sidoarjo, Jajaran Forkopimda, Legislatif dan 18 Partai Politik, serta secara resmi Bupati memberangkatkan kirab Bendera Parpol di 18 Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. @Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *