Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Pengalaman Guru Terbaik, Puspenerbal Evaluasi Internal Latgab TNl 2023

Sidoarjo, beritajatim.net – Belajar dari pengalaman sebagai guru terbaik, Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) menggelar evaluasi internal pelaksanaan keterlibatan Puspenerbal dalam Latihan Gabungan TNI 2023 yang dihelat di Wism Perwira Lanudal Juanda, Kamis (10/8/2023).

Komandan Puspenerbal Laksda TNl Dr. Imam Musani memimpin langsung jalannya evaluasi yang dihadiri Wadan Puspenerbal Laksma TNl Bayu Alisyahbana, para Direktur Puspenerbal, Danwing Udara 2 Juanda, Kafasharkan Pesud, Dankolat Penerbal, Danlanudal Juanda, para komandan skuadron jajaran Wing 2 dan personel yang terlibat pelaku lainnya.

Evaluasi internal ini juga diikuti jajaran Puspenerbal diluar Surabaya seperti, Danwing Udara 1 Tanjungpinang beserta jajarannya, Danwing Udara 3 Biak beserta jajarannya dan para Komandan Lanudal dijajaran Puspenerbal secara virtual melalui sambungan zoom meeting.

Menurut Danpuspenerbal, secara umum Latgab TNI 2023 khususnya unsur Satgasud baik itu Latihan Geladi Posko maupun manuver lapangan berjalan sesuai dengan rencana, namun ada beberapa hal yang tentunya menjadi perhatian seluruh pelaku yang terlibat untuk menjadi bahan evaluasi pada latihan-latihan yang akan datang.

Pada gelaran Latgab TNI 2023 kali ini, Puspenerbal menurunkan 1 unit CN235, 1 unit NC212, 4 unit AS565, 3 unit NBell412 dan 6 unit ScanEagle. Unsur unsur tersebut mendukung giat operasi seperti penangkapan video penembakan dari Kapal, Gerakan Kapal Ke Pantai (GKK), Terjun Tempur dan Dukungan VIP.

Tni
Pengalaman Guru Terbaik, Puspenerbal Evaluasi Internal Latgab TNl 2023

menurutnya, adanya beberapa kekurangan terkait unsur yang digunakan, sehingga perlu adanya pendalaman terkait permasalahan yang terjadi. untuk itu, perlu perencanaan yang lebih matang dalam penggunaan unsur pesud Puspenerbal kedepan.

Danpuspenerbal juga menyoroti serial latihan di Latgab yang dilaksanakan Puspenerbal sangat minim, sehingga perlu dievaluasi agar kedepan mendapat porsi yang lebih proporsional.

Di bidang personel, Ia menekankan agar
lebih banyak melibatkan Pamen dalam latihan-latihan, khususnya dalam latihan sekelas Latgab ini, agar mereka mendapatkan pengalaman latihan, sehingga pengalaman latihan yang diperoleh akan memperkuat pengetahuan dan keterampilannya dalam proses pengambilan keputusan militer.

Dibagian akhir, Danpuspenerbal menekankan pentingnya evaluasi di setiap kegiatan yang dilaksanakan. Meskipun suatu acara yang digelar dapat dikatakan sukses, namun dalam pelaksanaannya pastilah ada hal-hal yang harus diperbaiki atau disempurnakan.

“Saya tekankan, jangan cepat puas dengan apa yang telah dicapai. Evaluasi kegiatan penting dilaksanakan guna mencapai hasil yang lebih baik di event berikutnya,” pungkasnya. @Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *