Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Tingkatkan Profesionalitas, Prajurit Wing Udara 1 Ikuti Lattek Update Data Navigasi Pesud

Tanjungpinang, beritajatim.net – Dalam upaya meningkatkan profesionalitas dalam mengawaki alat utama sistem senjata (Alutsista) dibidang penerbangan, prajurit Wing Udara 1 Pusat Penerbangan TNI Aangkatan Laut (Puspenerbal) mengikuti Latihan dan Praktek Update Data Navigasi Pesawat Udara, Selasa (18/7/2023).

Lattek Update Data Navigasi Pesawat Udara yang diikuti personel dari skuadron dijajaran Wing Udara 1 Puspenerbal Tanjungpinang ini, digelar di ruang FTC (Flight Test Centre) Sathar, Lanudal Tanjungpinang.

Menurut Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani, Lattek Update Data Navigasi Pesud ini, dilakukan dalam upaya optimalisasi dan menjaga Alutsista senantiasa dalam kondisi teknis yang prima serta meningkatkan keselamatan penerbangan.

Adapun materi yang dibahas berkaitan dengan familiarisasi pelaksanaan Update Navigation Data pada Pesawat Udara Puspenerbal yang menghadirkan Instruktur dari PT. Dwisar Multivesa Niagatama dan dilanjutkan praktek lapangan untuk memperbaharui Data Navigasi Pesawat Casa NC-212-200.

Tni
Tingkatkan Profesionalitas, Prajurit Wing Udara 1 Ikuti Lattek Update Data Navigasi Pesud

Melalui familiarisasi ini lanjut Danwing 1, diharapkan para operator atau pengguna memiliki ilmu pengetahuan tentang bagaimana proses Install maupun pembaharuan data navigasi di Pesawat dengan menggunakan software terkini.

Navigasi data merupakan kependekan dari Data Navigasi yang berfungsi sebagai komponen penting dalam Sistem Manajemen Penerbangan (FMS) pesawat terbang. Navdata ini mencakup basis data koordinat geografis dan properti yang ekstensif untuk berbagai objek.

Salah satu tujuan untuk meng-update Navdata yang ada di pesawat udara Casa NC-212-200, yaitu untuk memperbaharui data-data yang baru seperti Waypoint, Bandara, Navaid, Route penerbangan dan lain-lain yang berkaitan dengan navigasi.

Tampak hadir Pgs. Wadan Wing Udara 1 Mayor Laut (P) Arief Sukmono Akbar M.Tr.Opsla. sekaligus melihat secara langsung tentang cara memperbaharui data navigasi pesawat yang dipraktekkan para personel dijajaran Wing Udara 1. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *