Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Membuka Pelatihan Ecoprint untuk Mengurangi Sampah dan Meningkatkan Ekonomi Keluarga

Sidoarjo, beritajatim.net – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sidoarjo, Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor, S.Hum, membuka pelatihan Ecoprint yang diikuti oleh 180 peserta, di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Selasa (18/7/23).

Pelatihan tersebut melibatkan semua pengurus TP-PKK Kabupaten Sidoarjo dengan tujuan untuk mengurangi sampah dan memanfaatkan kreativitas dalam menciptakan karya seni dari sampah organik.

Pelatihan Ecoprint yang diadakan di Pendopo Kabupaten Sidoarjo ini menjadi langkah nyata dalam mengatasi permasalahan sampah di daerah tersebut. Dalam pelatihan ini, para peserta diajarkan bagaimana cara mengolah sampah organik, terutama daun-daunan yang kering, menjadi karya seni yang kreatif dan bernilai ekonomi.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo, Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor, S.Hum, menyampaikan pentingnya mengurangi sampah, terutama sampah organik, yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan kesejahteraan keluarga.

“Dengan ecoprint, kita dapat memanfaatkan daun-daunan yang kering untuk menciptakan karya seni yang indah dan bernilai ekonomi. Ini adalah langkah konkret dalam mengurangi sampah dan mendukung perekonomian keluarga,” ujarnya.

Pemerintahan
Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Membuka Pelatihan Ecoprint untuk Mengurangi Sampah dan Meningkatkan Ekonomi Keluarga

Metode Ecoprint sendiri merupakan teknik pencetakan alami yang menggunakan daun-daunan dan bahan-bahan organik lainnya untuk mencetak pola atau gambar pada kain atau media lainnya. Dalam pelatihan ini, para peserta diajarkan cara memilih dan menyiapkan daun-daunan yang tepat, mengolah pewarna alami, dan menerapkan teknik pencetakan dengan hasil yang maksimal.

Hj. Sa’adah berharap, melalui pelatihan ini, peserta dapat mengembangkan kreativitas mereka dalam menciptakan karya seni Ecoprint yang unik dan menarik. Selain itu, hasil karya tersebut juga diharapkan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi keluarga, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian mereka.

Peserta pelatihan Ecoprint ini sangat antusias dan berkomitmen untuk belajar dan mengaplikasikan apa yang mereka pelajari. Mereka percaya bahwa dengan mengurangi sampah organik melalui Ecoprint, mereka dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekaligus meningkatkan kreativitas dan ekonomi keluarga mereka.

Pelatihan Ecoprint yang dibuka oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo ini merupakan salah satu upaya nyata dalam mengurangi sampah dan mendukung kesejahteraan keluarga. Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat diikuti oleh masyarakat lainnya sehingga lingkungan yang bersih dan sehat dapat tercipta melalui upaya kolektif. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *