Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Perhutani KPH Probolinggo Terima Mahasiswa UNJA Untuk KKL

Probolinggo, beritajatim.net – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo menerima empat Mahasiswa Universitas Jambi yang akan melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mulai tanggal 10 Juli 2023 hingga 10 Oktober 2023.

Kedatangan rombongan mahasiswa disambut oleh Administratur KPH Probolinggo Agus Widodo beserta jajaran Manajemen Perhutani KPH Probolinggo pada Senin, (10/07).

Ke-empat Mahasiswa tersebut adalah Muhamad Farhandi Okta Pratama, Andre Vincentio IMM Sitorus, Rofianita Nur Jannah dan Pristi Ambar Mukti Bestari yang semuanya merupakan mahasiswa jurusan Kehutanan Prodi Kehutanan Universitas Jambi, dengan Pembimbing Ir. Rike Puspita Tamin, S.Hut., M.Si.

Seperti disampaikan Administratur KPH Probolinggo Agus Widodo ada empat Mahasiswa dari Universitas Jambi yang melakukan KKL di Perhutani Probolinggo. Mereka akan belajar bidang persemaian, tanaman, pemeliharaan, pemanenan/ produksi kayu dan non kayu, perlindungan hutan, pemberdayaan masyarakat sekitar hutan dan pengelolaan Sumber Daya Hutan (SDH) sebagai mini riset pada lingkup Perhutani Probolinggo.

“Kami merasa bangga karena sudah dipercaya dan ditunjuk sebagai tempat KKL oleh Mahasiswa Universitas Jambi untuk menambah ilmu pengetahuan dibidang kehutanan. Meskipun dengan segala keterbatasan dan sekecil apapun kami akan berusaha untuk memberikan ilmu yang terbaik kepada para Mahasiswa dengan harapan semoga ilmu tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi Mahasiswa untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan sebagai rimbawan dimasa yang akan datang,” ujar Agus Widodo.

Sementara itu, Muhammad Farhandi Okta Pratama Perwakilan Mahasiswa Universitas Jambi mengatakan, ”Melalui praktek kerja lapang diharapkan kami dapat memperoleh pengalaman praktis di dunia kerja serta dapat melakukan pengkajian dan penerapan keilmuan serta teori yang kami peroleh selama proses pembelajaran di perguruan tinggi terutama pada aspek Pengelolan Hutan.”

“Harapannya semoga ilmu yang kami dapat bisa bermanfaat baik secara personal maupun rekan-rekan Mahasiswa Unjam pada umumnya, untuk meningkatkan mutu dan kapasitas diri. Selain itu bagaimana ilmu yang kami dapat bermanfaat untuk pengembangan daerah kami khususnya dalam pengelolaan sumberdaya hutan,” kata Farhan.

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah salah satu bentuk kegiatan kurikulum Program Studi Kehutanan Universitas Jambi yang berbasis kompetensi. Kompetensi diartikan sebagai suatu rangkaian kegiatan penerapan ilmu pengetahuan kehutanan mahasiswa secara langsung di lapangan. Mahasiswa melakukan pengamatan, pengukuran, wawancara, analisis, peragaan, perancangan dan uji coba yang mencakup seluruh aspek pengelolaan hutan yang berbasis kelestarian ekosistem. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *