Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Dankodiklatal Rayakan Idul Adha 1444 H Bersama Keluarga Besar Kodiklatal

Surabaya, beritajatim.net – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono didampingi Wadan Kodiklatal Laksda TNI Supardi, merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah dengan melaksanakan sholat ied berjamaah bersama para prajurit, PNS dan siswa Kodiklatal di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Kamis, (29/06/2023).

Bertindak sebagai Imam pada sholat Idul Adha yaitu H. Moch Saiful Bachri, M.Ag. Selanjutnya usai melaksanakan sholat Ied, Uztadz Saiful menyampaikan tausiyahnya tentang turunnya perintah Allah Subhanahu wa ta’ala terkait penyembelihan hewan kurban. Allah menguji iman dan taqwa Nabi Ibrahim melalui mimpinya yang haq, agar ia mengorbankan putranya yang kala itu masih berusia 7 tahun. Anak yang elok rupawan, sehat lagi cekatan ini, supaya dikorbankan dan disembelih dengan menggunakan tangannya sendiri.

Tni
Dankodiklatal Rayakan Idul Adha 1444 H Bersama Keluarga Besar Kodiklatal

Ibrahim berkata : “Hai anakkku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu “maka fikirkanlah apa pendapatmu? Ismail menjawab: Wahai bapakku kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. InsyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” (QS As-Saffaat: 102)

Nabi Ibrahim memantapkan niatnya. Nabi Ismail pasrah bulat-bulat, seperti ayahnya yang telah tawakkal. Sedetik setelah pisau nyaris digerakkan, tiba-tiba Allah berseru dengan firmannya, menyuruh menghentikan perbuatannya tidak usah diteruskan pengorbanan terhadap anaknya. Allah telah meridhoi kedua ayah dan anak memasrahkan tawakkal mereka. Sebagai imbalan keikhlasan mereka, Allah mencukupkan dengan penyembelihan seekor kambing sebagai korban, sebagaimana diterangkan dalam Al-Qur’an surat As-Saffaat ayat 107-110.

Dalam merayakan hari raya kurban tersebut, Dankodiklatal beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Etta Suhartono juga berkesembatan menyerahkan secara simbolis hewan kurban sejumlah 5 ekor Sapi dan 9 ekor Kambing kepada Letkol Laut (KH) M. Sholeh selaku Ketua Panitia Hari Raya Idul Adha 2023 di halaman Masjid Quwwatul Bahriyah Kodiklatal, untuk kemudian disembelih dan disalurkan ke para PHL Kodiklatal, untuk para Siswa Dikma Kodiklatal serta para Panti Asuhan sekitar Surabaya.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *