Sidoarjo, BeritaJatim.Net –  Menciptakan Zona Integritas/ZI menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) terus dilakukan OPD yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Upaya tersebut untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, bebas dari korupsi serta pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo. Senin pagi, (22/5), Dinas Perikanan Sidoarjo mendeklarasikan diri sebagai OPD berpredikat zona integritas menuju WBK dan WBBM. Deklarasi pembangunan zona integritas Dinas Perikanan Sidoarjo digelar pada apel pagi tadi. Deklarasi tersebut disaksikan Pj. Sekda Sidoarjo yang juga selaku Inspektur Kabupaten Sidoarjo Andjar Surjadianto, Plt. Kepala BKD Sidoarjo Makhmud serta Kepala Bagian Organisasi Setda Sidoarjo Arif Mulyono.

Pj. Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto menyambut baik upaya OPD menciptakan ZI menuju WBK dan WBBM pada lingkungannya. Dikatakannya wilayah bebas dari korupsi adalah area birokrasi yang harus diciptakan di era sekarang. Tujuannya tidak lain memberikan layanan yang baik kepada masyarakat. Dikatakannya bahwa ada dua goal jika layanan itu dianggap baik oleh masyarakat. Yang pertama layanan yang diberikan harus memuaskan masyarakat. Kemudian yang kedua tidak terjadi lagi perilaku koruptif dalam memberikan layanan.

“Apa yang kita lakukan hari ini saya harapkan bukan hanya sekedar seremonial saja, tetapi yang harus diingat adalah substansi dari deklarasi yang kita ucapkan ini. Kita harus mengingat ini agar menjadi pedoman kita dalam rangka memberikan layanan pada masyarakat yang lebih baik lagi,”ujarnya.

Ia berharap setelah pencanangan seperti ini ada komitmen bersama untuk menjaganya. Konsisten bersama harus benar-benar dijaga. Oleh karenanya sekali lagi ia meminta pencanangan ini tidak dijadikan sebagai acara seremonial belaka. Tetapi substansinya yang harus diingat.

Pemerintahan
OPD Pemkab Sidoarjo Berlomba-lomba Deklarasi Pembangunan Zona Integritas

“Harus kita ingat bareng-bareng langkah ini sebagai pedoman perilaku kita dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat yang lebih baik lagi,” ingatnya.

Plt. Kepala Dinas Perikanan Ir. Mochamad Bachruni Aryawan, MM mengaku siap menerapkan zona integritas pada instansinya. Dikatakannya membangun zona integritas diperlukan langkah-langkah bersama. Untuk dapat mencapai predikat WBK WBBM, ia akan mengajak seluruh ASN Dinas Perikanan bersama-sama meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik. Salah satunya dengan peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan pelayanan publik.

“Pada kesempatan ini saya ajak bapak ibu semua untuk dapat bersama-sama meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, diantaranya seperti transparasi dan akuntabilitas, perubahan pola pikir dan budaya kerja, serta komitmen pelayanan yang cepat dan baik, dan yang terpenting adalah pencegahan korupsi yang telah ditetapkan harus terus diimplementasikan,”ujarnya.

Mochamad Bachruni menyadari membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM tidaklah mudah. Oleh karenanya semua pihak dimintanya berkomitmen. Mulai dari dirinya sendiri sampai dengan level staf pelaksana harus mempunyai komitmen yang kuat, punya mindset (pola pikir dan budaya kerja) yang sama sehingga keberhasilan membangun zona integritas ini dapat dicapai.

“Kita semua harus mampu bekerja sama dan sama-sama bekerja dalam membangun dan menjaga zona integritas ini dengan ikhlas, jangan ada diantara kita yang menodai dengan perilaku yang tidak terpuji. Saya berharap dengan deklarasi pembangunan zona integritas pada Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo ini, bukanlah menjadi slogan semata, melainkan bukti nyata, keseriusan dan komitmen dari segenap aparatur Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo,”ujarnya. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here