YC PKBI Sekarwangi Penting untuk Siapkan Generasi Emas

Banyuwangi, BeritaJatim.Net – Pengurus dan anggota Youth Center Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (YC-PKBI) Banyuwangi periode 2023-2025 mendapat pelatihan khusus untuk menyiapkan mental mereka saat melakukan advokasi kepada masyarakat. Sebelumnya mereka dibekali pengetahuan tentang teknik konseling remaja terkait materi kesehatan seksual dan reproduksi.

Sehari sebelumnya, Kamis (11/05/2023) di Warung Seblang Singojuruh pengurus YC PKBI Banyuwangi yang diberi nama Sekarwangi dilantik dan dikukuhkan oleh Dr. Noer Saudah, S.Kep, Ners, M.Kes dari PKBI Jawa Timur.
Acara pelantikan dan pengukuhan dihadiri Kepala Dinsos, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Henik Setyorini, AP, MSi.

Pelatihan khusus ini difokuskan pada diri 17 pengurus yang terdiri atas mahasiswa Stikes, Unair, Uniba, Stikom dan Untag Banyuwangi. Beberapa di antaranya malah sudah lulus sarjana.

Pemateri pembekalan hari Jumat (12/05/2023) di antaranya Nafila Ikrima, S.Psi dan Priskilla Narendra, S.Psi. Keduanya adalah pengurus daerah YC PKBI Jawa Timur. Pemateri daerah ada Aguk Wahyu Nuryadi, Humas PKBI Banyuwangi dan Sie Pengembangan SDM, Yeti Chotimah, M.Pd.

Peserta pelatihan dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing diminta memberikan pendapat tentang studi kasus, menuliskan faktor penyebab dan bagaimana cara menghadapi dan mengatasi masalah.
“Kita pilih contoh dua kasus, yakni kekerasan seksual dan pernikahan dini” tutur Yeti Chotimah.

Selanjutnya, tambah Yeti Chotimah yang sehari-hari mengajar di SMP Negeri 3 Rogojampi, masing-masing kelompok diminta melakukan presentasi hasil studi kasus.

Pemerintahan
YC PKBI Sekarwangi Penting untuk Siapkan Generasi Emas

Wakil Ketua YC PKBI Sekarwangi, Derisca Tiara, tak bisa menyembunyikan rasa senang dan bangganya mendapatkan kesempatan untuk menjadi pegiat PKBI.
“Tiga bulan saya berproses. Belajar langsung dari ahlinya apa itu PKBI dan program kerjanya. Ini penting untuk menyiapkan Generasi Emas saat seabad Kemerdekaan RI,” tutur calon perawat, promotor UKS dan relawan Forum Banyuwangi Sehat itu.

“Sama sekali tidak mengira kalau akhirnya saya dilantik menjadi pengurus YC PKBI Sekarwangi Banyuwangi,” tambahnya.

Penasehat PC PKBI, HM Eko Susanto yang pengalaman 45 tahun menjadi pegawai BKKBN menyatakan bangga bahwa masih ada generasi muda yang tertarik dan peduli akan arti penting kependudukan lewat kegiatan YC PKBI.

“Itu sebabnya saya akan hibahkan rumah saya di Jalan Agus Salim 100 Banyuwangi sebagai Sekretariat YC-PKBI Sekarwangi. Boleh dan bisa juga buka klinik serta tempat konseling di situ,” ujar Eko, mantan pengusaha kuliner yang kini berusia 80 tahun. @Red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *