Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Latih Ketangkasan, Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLIII/I Lattek Halang Rintang

Surabaya, BeritaJatim.Net – Guna melatih ketangkasan untuk meningkatkan kemampuan fisik, para Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI Angkatan Laut Angkatan XLIII/1 TA 2023 yang saat ini sedang melaksanakan pendidikan di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Halang Rintang di Lapangan Sekitaran Ksatrian Puslatdiksarmil, Sidoarjo. (09/05/2023).

Komandan Puslatdiksarmil Kolonel Laut (P) Irwan S.P. Siagian menjelaskan, latihan praktek ini merupakan salah satu materi kemiliteran yang harus di terima oleh Siswa Dikmaba TNI AL di tahap Dasar Prajurit (Sarrit). “Halang Rintang diberikan kepada para siswa agar memiliki keterampilan tentang ketangkasan fisik secara bertahap, sehingga nantinya mereka dapat mengaplikasnnya dalam kedinasan sebagai Bintara TNI Angkatan Laut yang tanggap, tanggon dan trengginas,” kata Danpuslatdiksarmil.

Menurut Kolonel Irwan, lattek Halang Rintang ini banyak menggunakan kemampuan fisik dan kekompakan antar Tim saat melintasi setiap rintangan. Selain itu, setiap rintangan memiliki resiko yang tidak ringan, apabila dilaksanakan tidak sesuai dengan materi yang diberikan, untuk itu ditekankan kepada seluruh siswa agar tetap berhati-hati dalam melaksanakan latihan ini dan memegang prinsip Zero Accident agar lebih diutamakan.

Tni
Latih Ketangkasan, Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLIII/I Lattek Halang Rintang

Latihan Halang Rintang yang diikuti oleh 702 siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLIII/1 ini dibawah Koordinator tim Binjas Kodiklatal yang dipimpin langsung Lettu Laut (KH) Dika Budi R. Sebelum melaksanakan Latihan Halang rintang tersebut, seluruh siswa terlebih dahulu melaksanakan pemanasan untuk mencegah terjadinya cidera otot.

Selanjutnya pada setiap rintangan, siswa mendapatkan materi pengenalan pos-pos rintangan dan cara melewatinya, serta mendapatkan penjelasan tentang aplikasi rintangan-rintangan tersebut yang nantinya bermanfaat pada medan penugasan.

“Lattek Halang Rintang ini juga sebagai bekal para siswa Puslatdiksarmil dalam kegiatan Lattek berganda yang akan dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo Kabupaten Malang, sebelum para siswa menyelesaikan pendidikan di Puslatdiksarmil, “pungkas Kolonel Irwan.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

@red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *