Gresik, Berita Jatim.Net – Semarak malam 29 Ramadhan, lautan manusia telah membanjiri Kawasan Kota Tua Bandar Grisse, Jl. Basuki Rahmat Bedilan, Kebungson, Kec. Gresik, Kab. Gresik. Pasalnya, Rabu malam tadi telah diselenggarakan kegiatan Kontes dan Lelang Bandeng Kawak Kab. Gresik Tahun 2023. Rabu (19/04/2023)

Adapun pagelaran akbar ini mendapat antusiasme yang begitu tinggi dari ribuan orang masyarakat Gresik yang menyaksikan secara langsung di sekitar lokasi. Kegiatan Kontes dan Lelang Bandeng Kawak Kab. Gresik ini merupakan hajat rutin yang diselenggarakan oleh Pemkab Gresik di tiap tahunnya. Kali ini Bapak Ir. Achmad Washil Miftahul Rachman, M.T. (Sekda Kab. Gresik) bertanggung jawab penuh terhadap suksesnya pelaksanaan kegiatan.

Lebih meriah dan heboh lagi dengan hadirnya Ibu Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M. Si. (Gubernur Provinsi Jatim) yang turut menyaksikan secara langsung. Hadir dalam kegiatan tersebut, H. Fandi Ahmad Yani, S.E. (Bupati Gresik), Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar S.Sos. (Dandim 0817/Gresik), AKBP Aditya Panji Anom, S.I.K (Kapolres Gresik), Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd (Wabup Gresik), H. Much. Abdul Qodir, S. Pd., M.H.P. (Ketua DPRD Kab. Gresik), Para Pejabat Pemkab Gresik dan tamu undangan.

Dalam pelaksanaannya, Bapak Bupati Gresik memberikan sambutan bahwa
Kegiatan Kontes dan Lelang Bandeng Kawak Ini adalah tradisi kearifan lokal yg harus dijaga dan dilestarikan. Yang awal mulanya pada zaman Pemerintahan Sunan Giri mengajarkan pada para santrinya agar melaksanakan bisnis perikanan.

“Melalui Kontes dan Lelang Bandeng Kawak ini, mudah-mudahan meningkatkan perekonomian dan memberikan manfaat juga mendatangkan keberkahan kepada masyarakat Kabupaten Gresik,” harapan Bupati Gresik.

Lanjutnya, dilaksanakan pengumuman pemenang Kontes Bandeng dan pemberian hadiah oleh Ibu Gubernur Jatim dan Pak Bupati Gresik. Pemenang sendiri diambil dari tiga peringkat teratas dengan kriteria penilaian berdasarkan berat bandeng, yakni juara 1 bandeng seberat 11,5 kg milik Bapak Saifulah Mahdi Desa Pangkah Wetan, Kec. Ujungpangkah mendapatkan hadiah 30 juta rupiah, juara 2 bandeng seberat 11 kg milik Bapak Askin Desa pangkahwetan, Kec. Ujungpangkah hadiah 25 juta rupiah dan juara 3 bandeng seberat 7.2 kg milik Bapak Zainul Abidin Kec. Bungah dengan hadiah 20 juta rupiah.

Berikutnya, Ibu Gubernur turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah tradisi dan destinasi wisata yang positif dan bisa mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Untuk kita ketahui, 60℅ bandeng di Provinsi Jawa Timur dihasilkan dari Kabupaten Gresik dan agar budidaya bandeng lebih ditingkatkan lagi,” terang Bu Hj. Khofifah.

Begitu juga Bapak Dandim 0817/Gresik yang turut hadir pada waktu itu menyampaikan, Kegiatan Kontes dan Lelang Bandeng Kawak Kabupaten Gresik ini sebagai salah satu sarana untuk mengeksplor potensi bidang perikanan, khususnya bandeng yang telah mengalami perkembangan pesat di wilayah Gresik. Beliau selalu mendukung tradisi dan budaya masyarakat Gresik dengan tidak mengesampingkan ketertiban dan keamanan wilayah.

“Alhamdulillah, Kegiatan Kontes dan Lelang Bandeng Kawak Kabupaten Gresik malam ini berjalan aman dan lancar,” pungkasnya. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here