Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Kerja Nyata Babinsa dalam Pembuatan Saluran Air di Desa Binaan, Giat Bantu Warganya

Gresik, BeritaJatim.Net – Dalam rangka mengatur aliran air hujan maupun parit di jalan pedesaan, Pemerintah Desa Pangkahwetan memberikan kebijakan pembuatan saluran air di sepanjang jalan yakni lokasi parit pedesaan. Hal ini bertujuan agar memperlancar aliran air, mencegah luapan air yang masuk ke pemukiman warga saat musim hujan dan menjaga stabilitas ketersediaan air.

Sehubungan dengan pembuatan saluran air tersebut, Babinsa Koramil 0817/13 Ujungpangkah Kopda Suprapto turut serta melaksanakan kegiatan karya bhakti dengan membantu para warga dalam proses pembuatan saluran air di Desa Pangkahwetan, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik. Selasa (18/04/2023).

Dalam pelaksanaannya, Kopda Suprapto dengan giatnya membantu proses pembuatan saluran air mulai dari membuat kerangka pembatas, mengaduk campuran cor semen, menata batu-batu besar hingga pengecoran maupun pembuatan tlengsengan. Semua ini dilakukan Pak Babinsa sebagai wujud kerja nyata dalam rangka pengabdian diri sebagai Pembina Desa yang siap sedia berada di tengah-tengah masyarakat untuk membantu meringankan beban dan kegiatan warga.

Menurutnya, pembuatan saluran air dapat mengatur waktu pembasahan tanah agar air tidak berlebihan masuk kepemukiman maupun ke pekarangan warga. Apalagi saat intensitas hujan di wilayah cukup tinggi.

“Selain itu, pembuatan saluran air dapat menjamin ketersediaan air meskipun pada musim kemarau dan juga air bisa digunakan untuk menurunkan suhu tanah yang bermanfaat untuk irigasi pertanian warga,” terang Kopda Suprapto.

Tni
Kerja Nyata Babinsa dalam Pembuatan Saluran Air di Desa Binaan, Giat Bantu Warganya

Ia juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Desa Pangkahwetan, setelah pembuatan saluran air ini selesai hingga dapat dirasakan manfaatnya, supaya tetap menjaga kebersihan dengan tidak mengotori atapun membuang sampah rumah tangga ke dalam saluran air tersebut.

“Dengan menjaga kebersihan saluran air di sepanjang jalan pedesaan, maka aliran air akan tetap lancar sehingga mampu mencegah terjadinya banjir serta dapat dimanfaatkan untuk kepentingan warga khususnya sektor pertanian,” kata Babinsa Kopda Suprapto. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *