UNESA Raih Penghargaan Kinerja Anggaran Terbaik

Jakarta, BeritaJatim.Net — Universitas Negeri Surabaya (UNESA) meraih Penghargaan Mendikbudristek atas Kinerja Anggaran, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip), dan Keterbukaan Informasi Publik 2022 di Jakarta, Kamis (30/03/2023).

Dalam acara penganugerahan penghargaan tersebut, UNESA meraih prestasi terbaik kedua kategori Perguruan Tinggi Negeri dengan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum dengan perolehan nilai 96,11 %.

Penghargaan diterima langsung Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., dari Dirjen Anggaran, Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata, M.Math dan disaksikan langsung Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A serta Sekjen Kemendikbudristek Ir. Suharti, M.A., Ph.D.

Selain itu juga ada Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Drs. Astera Primanto Bhakti, M.Tax; Plt Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan, Kementerian PPN/Bappenas Dr. Ir. Subandi, MSc. dan jajaran pejabat kementerian lainnya.

Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa prinsip dan orientasi pelaksanaan kinerja dalam menjalankan pemerintahan tidak bisa diukur dari bagaimana sebuah kebijakan atau program dikirim kepada pemangku kepentingan, tetapi bagaimana kebijakan atau program tersebut diterima menjadi sebuah capaian dan memiliki kebermanfaatan yang masif.

“Ini pesan Bapak Presiden (Joko Widodo). Pak Presiden bilangnya bukan hanya send (mengirim, saja, tetapi deliver (mengantarkan). Itu kuncinya,” ucap Nadiem dalam sambutannya.

Komitmen seluruh unit dan satuan kerja di Kemendikbudristek untuk melakukan transformasi telah melahirkan sejumlah capaian yang membanggakan. Tentu ini tidak lepas dan peran dan komitmen seluruh unit dan satuan kerja salah satunya perguruan tinggi termasuk UNESA.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya komitmen dan kinerja Bapak dan Ibu di semua unit dan satuan kerja yang telah memastikan program merdeka belajar sesuai dengan prinsip good governance. Berbagai hasil, inovasi dan terobosan selama ini sesungguhnya hasil perjuangan Ibu dan Bapak semuanya,” ucap pria yang akrab disapa Mas Menteri ini.

Penilaian kinerja anggaran pada unit kerja dan satuan kerja ini dimaksudkan untuk mengukur aspek implementasi maupun aspek manfaat atas pelaksanaan anggaran dengan indikator kualitas proses pelaksanaan dan kualitas hasil pelaksanaan.  Tujuannya, untuk memberikan apresiasi kepada unit kerja dan satuan kerja yang telah berupaya dengan sungguh-sungguh untuk memastikan efektivitas pelaksanaan anggaran yang berdampak positif pada kinerja organisasi.

Cak Hasan, Rektor UNESA mengucapkan terima kasih atas terpilihnya UNESA sebagai penerima penghargaan kinerja anggaran terbaik tahun 2022.
UNESA berkomitmen menjaga kualitas pelaksanaan anggaran melalui perencanaan, optimalisasi kinerja serta monitoring dan evaluasi berkelanjutan dengan mengutamakan pencapaian indikator kinerja utama.

Strategi UNESA dalam peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran meliputi; 1) Penganggaran harus berbasis renstra dan IKU, 2) Berpedoman pada standar operasional prosedur, 3) Peningkatan kompetensi SDM unggul, 4) Optimalisasi sistem informasi, 5) Perluasan jejaring peningkatan income generating.

Cak Hasan menambahkan, prestasi ini akan dijadikan sebagai penyemangat UNESA mengawali PTN-BH yang mandiri, akuntabel, efektif, efisien dan ekonomis dalam menghadapi tantangan global megatrend 2045. “Prestasi ini menjadi motivasi buat kita semua untuk terus meningkatkan kinerja dan melakukan transformasi dan terobosan yang bermanfaat ke depan,” tutupnya. @Red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *