Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Gus Muhdlor Pastikan Warga Korban Puting Beliung di Tanjungsari Taman Dapat Bantuan

Sidoarjo, BeritaJatim.Net – Hujan deras disertai angin puting beliung yang mengguyur Dusun Kempreng Desa Tanjungsari Kecamatan Taman, Jumat sore kemarin (31/3/23) mengakibatkan beberapa rumah warga rusak. Sabtu pagi (1/4/23), Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali meninjau langsung warga terdampak bencana alam tersebut. Ia memastikan korban didata dan mendapat bantuan dari Pemkab Sidoarjo.

Bupati Ahmad Muhdlor datang dengan didampingi Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito, Kepala Dinas Sosial Sidoarjo Misbahul Munir, Camat Taman Makhmud, Kepala Desa Tanjungsari, dan  petugas kesehatan dari Puskesmas Taman.

Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu melihat langsung kerusakan sejumlah rumah warga. Sebagian mengalami kerusakan sedang. Beberapa rumah atapnya hilang akibat terjangan angin puting beliung itu.

BPBD Sidoarjo diminta untuk mendata jumlah rumah warga yang terdampak dan Dinas Sosial Sidoarjo diperintahkan untuk memberikan bantuan sembako.

“Akibat hujan deras disertai angin yang terjadi kemarin ada sejumlah rumah warga yang rusak, pagi ini langsung saya cek rumah korban terdampak puting beliung untuk kita data. Warga yang terdampak kami berikan bantuan paket sembako dan rumah yang rusak sementara didata untuk mendapat bantuan perbaikan,” ujarnya.

Gus Muhdlor mengapresiasi respon cepat dari Pemdes Tanjungsari dan BPBD yang telah sigap memberikan bantuan. Tampak warga gotong royong dengan dibantu BPBD Sidoarjo memperbaiki rumah-rumah yang rusak. Begitu pula yang dilakukan Puskesmas Taman yang mendirikan Posko Pelayanan Kesehatan disekitar rumah warga terdampak puting beliung.

“Kondisi sudah pulih cepat ini karena warga gotong royong bersama pemdes dan BPBD. Saya apresiasi gerak cepat Kades Tanjungsari yang menggerakkan warga untuk gotong royong memperbaiki kembali rumah warga yang terdampak angin puting beliung ini,” terang Gus Muhdlor.

Salah satu rumah warga yang dikunjungi Gus Muhdlor yakni rumahnya Ibu Yanti (40). Seorang janda yang tinggal bersama kedua putrinya itu rumahnya ikut terdampak. Atap rumah janda itu rusak akibat tersapu angin puting beliung.

Pemkab sidoarjo
Gus Muhdlor Pastikan Warga Korban Puting Beliung di Tanjungsari Taman Dapat Bantuan

Bupati muda alumni SMAN 4 Sidoarjo itu menyampaikan, nantinya rumah seperti ini dapat di masukkan Program Bedah Rumah Pemkab Sidoarjo.

“Bantuan segera kita turunkan. Kades segera melakukan koordinasi dengan Baznas Sidoarjo untuk diajukan dalam program bedah rumah. Mudah-mudahan program bedah rumah ini memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Kabupaten Sidoarjo,” pungkasnya.

@red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *