Sumenep, Berita Jatim. Net – Danrem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom.,M.M. meninjau Pabrik Pengolah Silase Jagung di desa Kertasada, kec. Kalianget, kab. Sumenep pada Kamis, (30/3/2023).

Keberadaan PT. Citra Kartika Tandur yang merupakan pabrik pengolah Silase Jagung di Kalianget Sumenep ini adalah bagian dari Program Ketahanan Pangan yang dilaksanakan oleh Kodim 0827/Sumenep bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Masyarakat. Gagasan Brilian Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Dony Pramudia Mahardi, S.E. ini mendorong masyarakat di kabupaten Sumenep untuk meningkatkan produksi hasil pertanian terutama jagung, karena hasil tanamanya berupa Pupil, Batang, Daun dan seluruh bagian dari limbah jagung tersebut bernilai ekonomis bagi para petani.

Di sela-sela kegiatan Danrem 084/BJ mengatakan, “Program ketahanan pangan ini adalah program unggulan TNI AD yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Jenis tanamanya pun beragam sesuai kondisi tanah yang ada di wilayah masing-masing. Program ini harus dilaksanakan secara maksimal dan terus-menerus sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat dan menambah ketersediaan pangan masyarakat”, ucap Brigjen TNI Terry.

sumenep
Pabrik Pengolah Silase Jagung di Kalianget ditinjau oleh Danrem 084/BJ

“Sektor pertanian jenis tanaman jagung memberikan keuntungan ganda kepada petani, selain menghasilkan pupil jagung, seluruh bagian dari tanaman ini juga bisa menghasilkan nilai ekonomis bagi para petani,” imbuhnya.

PT. Citra Kartika Tandur milik H. Helmi, berlokasi di kecamatan Kalianget, kab. Sumenep yang merupakan pabrik Silase Jagung siap mengolah limbah tanaman jagung setelah dipanen oleh petani. Silase Jagung adalah pakan Fermentasi yang terbuat dari keseluruhan tanaman jagung yang dicacah dengan ukuruan tertentu yang difermentasi dengan bantuan mikroba lactobacillus dan Bakteri asam laktat. @red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here