Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Alas Purwo Dipilih Jadi Tempat Rukyatul Hilal

Banyuwangi – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Dr. Moh. Amak Burhanudin menunjuk dua tim Rukyatul Hilal Badan Hisab dan Rukyah (BHR).

Dua tim itu, Rabu (22/03/2323) bertugas di Pantai Pancur, dipimpin Gufron Musthofa, Kepala KUA Kecamatan Gambiran dan Zaenal Abidin, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh.
Sedangkan tim kedua di Gumuk Klasi Kecamatan Singojuruh, dipimpin Mustain Hakim, Penyelenggara Zakat dan Wakaf dan Fatkhur Rahman, Kepala KUA Kecamatan Songgon.

Rukyatul Hilal di Pantai Pancur, kawasan Alas Purwo, selain diikuti para Kepala KUA Kecamatan, Ormas Islam dan Hakim Pengadilan Agama Banyuwangi. Juga Tim dari IAIDA Blokagung dan IAII Genteng bersama para mahasiswa, juga dihadiri Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, SH, MH, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama
Ditjen Badilag Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi diwakili Kasi PD Pontren Muklis di Alas Purwo menyampaikan bahwa Rukyatul Hilal merupakan kewajiban.
“Apapun hasilnya akan kita laporkan kepada BHR Pusat,” kata Muklis.

Hakim Pengadilan Agama Banyuwangi itu menyampaikan bahwa saat ini BMKG telah mempunyai aplikasi yang dapat melihat hilal secara real time.
“Sudah ada permohonan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi kepada kami untuk melakukan sidang dan menuangkan dalam penetapan” katanya.

Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama menyampaikan, sebelum ada teropong, dan sekarang sudah ada teropong, ke depan mungkin akan lebih canggih lagi.
“Kami mewakili Pemerintah Pusat bersama-sama melaksanakan Rukyatul Hilal di Banyuwangi,” kata Nur Jannah.
Lebih lanjut Nur Jannah menyampaikan saat Rukyatul Hilal tinggi hilal 8 derajat yang sangat berpotensi untuk dapat dilihat.
“Seluruh Indonesia ada 104 titik Rukyatul Hilal yang juga diikuti oleh Pengadilan Agama” ungkapnya.

Di tempat terpisah Amak menyampaika syukur bahwa pada tahun ini Kemenag Banyuwangi menyiapkan 2 tempat Rukyatul Hilal yaitu di Gumuk Klasi dan Pantai Pancur dengan mengundang ormas Islam dan pihak pihak terkait dan juga bekerja sama perguruan tinggi keagamaan yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Rukyatul Hilal di Alas Purwo dipimpin Gufron Musthofa yang juga Ketua Lajnah Falakiyah PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Banyuwangi menyampaikan bahwa terlihat atau tidak di sini, keputusan awal Ramadhan tetap mengikuti keputusan pemerintah. *(AWN/YW)*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *