Sarana Informasi Terkini & Terpercaya

Gus Muhdlor Ingatkan Pentingnya Peran Ibu Dalam Mencetak Anak Yang Berakhlak

pemkab sidoarjo
Ratusan Kader PKK Sidoarjo Mengikuti Program Keluarga Sehat, Tangguh dan Tanggap Bencana

Sidoarjo – Pendidikan anak dimulai dari rumah. Ibu memiliki peran yang dominan dalam memberikan pendidikan serta mendidik akhlak yang baik bagi anak-anaknya. Oleh karenanya seorang ibu diharapkan dapat memberikan edukasi berbudi pekerti yang baik. Hal itu disampaikan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali saat menghadiri tahlil kubro yang digelar PAC Muslimat NU Kecamatan Tarik di Masjid At-Toyibah, kemarin Minggu. (19/03/2023).

Gus Muhdlor yang hadir bersama istrinya Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor, S.Hum itu mengatakan ibu memiliki peran yang strategis dalam mencetak generasi bangsa yang berakhlak. Caranya dengan memberikan pendidikan moral kepada buah hatinya. Sedari dini diharapkan dapat mengajarkan agama. Dengan itu ia yakin anak-anak akan memiliki budi pekerti yang baik.

“Ajarkan selalu anak-anak berbudi pekerti yang baik, ajarkan agama, ajarkan shalat, mengaji karena ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya,”sampainya.

Gus Muhdlor menyampaikan bahwa moment seperti ini menjadi moment yang baik mengajarkan anak berbudi pekerti yang baik. Oleh karenanya Muslimat NU dapat memanfaatkannya dengan mengajak anak-anak ikut didalamnya.

“Saya berharap kepada ibu-ibu muslimat supaya anaknya atau putra-putrinya diarahkan untuk bisa mengikuti organisasi IPNU dan IPPNU, begitupun harapan saya kepada camat juga bisa membantu ranting-ranting muslimat untuk bisa menggeliatkan IPNU dan IPPNU dimana telah diketahui dalam muslimat ada 400 ranting tapi untuk organisasi IPNU dan IPPNU tidak banyak,”katanya.

Menurut Gus Muhdlor, jika anak disibukkan dengan hal yang baik, akan menjauhkan anak dari kegiatan yang negatif. Oleh karenanya orang tua harus bisa mengarahkan anak-anaknya kepada kegiatan yang bersifat positif. Salah satunya dengan mengikuti pengajian. Dikatakannya seorang ibu mempunyai peranan yang sangat dominan karena merupakan pendidikan pertama bagi putra putrinya.

“Jangan sampai anak-anak terjerumus pada hal yang kurang baik, apapun zamannya, ibu harus bisa mengarahkan anak-anak pada hal-hal yang baik,”pesannya.

pemkab sidoarjo
Gus Muhdlor Ingatkan Pentingnya Peran Ibu Dalam Mencetak Anak Yang Berakhlak

Gus Muhdlor juga menekannya kepada ibu-ibu agar benar-benar mendidik anaknya dengan agama. Sholat serta mengaji harus diajarkannya kepada anaknya sejak dini. Jangan sampai anak-anak meninggalkan mushola, menjauhi masjid. Anak-anak harus dikenalkan dengan masjid. Ajak mereka ke masjid.

“Anak-anak harus dibiasakan mencintai masjid, hiasi masjid dengan suara anak-anak mengaji serta kegiatan anak-anak dalam kajian agama,”sampainya.
@red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *