H. Usman Tegaskan, “Jangan Cuma Berpikir Isi Tas Tapi Juga Punya Kapasitas”

Sidoarjo, beritajatim.net – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo menggelar pertemuan istimewa bersama 19 anggota dewan terpilih dari Pemilihan Legislatif untuk mendapatkan pembekalan menjelang 3 bulan pelantikan.

Acara tersebut merupakan inisiatif dari Pimpinan DPRD Sidoarjo untuk memberikan pra orientasi kepada para caleg terpilih, dan dipimpin langsung oleh H. Usman, M.Kes, selaku ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo Bersama staf ahli bidang pemerintahan M. Soleh hadir sebagai narasumber, pada hari Rabu (22/05/2024) siang.

Dengan suasana yang gayeng pertemuan tersebut dihadiri juga Wakil Ketua DPRD H Kayan (Partai Gerindra) dan Wakil Ketua DPRD DR Emir Firdaus (PAN) beserta belasan anggota dewan terpilih, yang sebagian besar masih muda, diberi pembekalan di ruang sidang utama dan diberi kesempatan untuk bertanya tentang tugas dan fungsi sebagai anggota legaislatif.

H. Usman menjelaskan bahwa meskipun secara hukum para caleg terpilih akan mengikuti pembekalan setelah dilantik, namun pra orientasi ini diadakan untuk memberikan kesempatan lebih awal pada para calon terpilih dalam mempersiapkan diri mengenai tugas dan fungsi DPRD.

“Karena masih ada waktu yang cukup panjang, kita manfaatkan untuk mempersiapkan diri lebih baik terkait tugas dan fungsi DPRD. Dengan adanya pertemuan hari ini, diharapkan para caleg terpilih dapat lebih siap menghadapi tugas-tugas yang akan diemban, sesuai dengan peraturan yang berlaku,” jelas H. Usman.

Ditegaskan pula oleh Usman, pentingnya peran dan kapasitas para caleg terpilih dalam mewarnai DPRD periode 2024-2029. “termasuk hak dan kewajiban yang diperlukan untuk menjadi anggota dewan, bagaimanapun kami sangat berharap semua anggota dewan baru ini bisa bekerja lebih profesional. Tidak malas, apalagi hanya 5D (datang, duduk, dengar, dapat duit). Profesionalitas dijunjung tinggi. Tidak hanya berfikir tentang bagaimana mencari isi tas tetapi juga memiliki kapasitas yang mampu memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan Kabupaten Sidoarjo,” tambahnya.

Disampaikan pula oleh M. Soleh, “menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) memiliki tugas dan fungsi yang sangat strategis berkaitan dengan bidang Legislasi, budgeting anggaran dan pengawasan. Maka mengetahui serta memahami semua aspek berkaitan dengan fungsi dan tugas legaslatif mutlak diperlukan” urai M Soleh,

“Sebab tujuan pengenalan ini untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian anggota DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI, jadi sebelum dilantik pada akhir Agustus nanti, mereka sudah paham tentang tugas dan fungsi dewan, termasuk dalam menyusun Tatib DPRD,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama para caleg terpilih juga melakukan pengukuran seragam jas sebagai persiapan untuk pelantikan yang akan dilaksanakan tiga bulan mendatang. @red

https://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *