Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Tamtama Muda TNI AL Terima Pembekalan Empat Pilar dan Strategi Disbintalal

Surabaya, beritajatim.net – Guna wujudkan Prajurit Tamtama Muda yang berkarakter sebagai ujung tombak satuan TNI Angkatan Laut (TNI AL), untuk itu Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Kadisbintalal) Brigjen TNI Marinir Sandy Muchjidin Latief memberikan Pembekalan tentang Empat Pilar dan Strategi Disbintalal kepada 408 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Kodikopsla dan Kodikdukum, Angkatan 43/1 TA. 2023, bertempat di Gedung Moeljadi, Kodiklatal Bumi Moro Surabaya. Jumat (23/02/2024).

Dalam pembekalannya, Kadisbintalal menerangkan tentang Empat Pilar dan Strategi Disbintalal yakni Pembinaan Rohani untuk membentuk Prajurit TNI AL yang religius, Pembinaan Tradisi dan Kejuangan (Trajuang) untuk membentuk Prajurit TNI AL yang militan dan Pembinaan Ideologi untuk membentuk Prajurit TNI AL yang nasionalis sebagai warga negara yang baik serta Bimbingan dan Konseling untuk membentuk Prajurit TNI AL berkarakter dan berbudi pekerti baik didukung keluarga yang harmonis. Hal tersebut agar terwujudnya kerukunan, kesetaraan dan kedamaian sehingga pluralisme dihargai dan dimaknai sebagai keunikan pemberian Tuhan.

Selain itu, Brigjen Marinir Sandy mengungkapkan ketika berdinas harus membekali diri dengan Iman dan Takwa kepada Tuhan dan selalu meminta doa kedua orang tua serta memahami dan mengamalkan Trisila TNI AL, loyalitas yang merupakan nafas dan etika/moral sebagai jantung bagi seorang Prajurit.

“Kenali lingkungan, pahami tugas dan tanggung jawabmu di satuan serta asah terus kemampuan. Selektif dalam memilih teman dan circle. Cerdas dalam mengelola keuangan, jaga kesehatan dan kebugaran tubuh, bijak dalam bermedsos. Jika anda ingin melakukan pelanggaran maka ingat orang tua anda yang sudah lelah berjuang dan perjalanan anda yang sudah cukup panjang”, pesan Kadisbintalal kepada Siswa Dikmata 43/1.

Sementara itu, Kabagren Disbintalal Mayor Laut (S) Aris Setyo R., menerangkan dalam materi pembekalannya tentang Bijak Kelola Uang dimana dijelaskan bahwa, uang yang dipinjam dari orang lain wajib membayar kembali atas uang yang sudah diterima tersebut. Disamping itu para Dikmata juga diterangkan dampak buruknya dalam hutang piutang. Oleh karena itu, sebagai Prajurit TNI AL harus bisa bijak dalam mengelola keuangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dirlat Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Widodo, Dirdik Kodiklatal Laksma TNI Askari, Dirum Kodiklatal Laksma TNI Dedy Junaidi, Dankodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah, Dankodikdukum Kodiklatal Laksma TNI Dr. Taufik Arief, para Komandan Pusdik dan Komandan Sekolah di Jajaran Kodiklatal. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *