Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
Polri  

Polresta Sidoarjo Gelar Pemeriksaan Kesehatan Petugas Pemilu 2024

Sidoarjo, beritajatim.net – Polri peduli kondisi kesehatan seluruh petugas pengamanan dan penyelenggara Pemilu 2024. Dengan melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis, bagi anggota Polri, TNI, Satpol PP, Linmas, KPPS dan para petugas lainnya yang terlibat.

Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) tersebut dilakukan mulai sebelum anggota digeser ke lokasi TPS, saat hari pencoblosan sampai dengan setelahnya. Seperti saat petugas mengamankan kotak suara di kantor kecamatan. Atau bahkan petugas penyelenggara Pemilu lainnya pun dilayani pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Di wilayah Kabupaten Sidoarjo, melalui Si Dokkes Polresta Sidoarjo bersama tim medis dari Rumah Sakit Bhayangkara Kota Kediri dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, hingga Jumat (16/2/2024), terus berkeliling ke lokasi-lokasi PPK melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian multivitamin atau obat-obatan yang diperlukan sesuai kondisi kesehatan petugas.

Kasi Dokkes Polresta Sidoarjo Iptu Ruwandi mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai lanjutan dari kegiatan pemeriksaan kesehatan sebelum pelaksanaan pengamanan Pemilu, untuk memastikan kesehatan seluruh petugas pengamanan setelah melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2024. Serta mencegah banyaknya petugas yang kondisi fisiknya menurun akibat padatnya rutinitas dalam pesta demokrasi.

“Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu upaya dari Polresta Sidoarjo, sebagai layanan bagi anggota Polri, TNI dan Stakeholder terkait yang telah terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Hal itu kami lakukan agar seluruh petugas tetap dalam kondisi yang prima kesehatannya setelah menjalankan tugasnya,” jelasnya.

Ia menambahkan pemeriksaan kesehatan terdiri dari pemeriksaan berat badan, cek tensi, hingga konsultasi kesehatan bila ada petugas mengalami keluhan kesehatan. Untuk petugas Pemilu 2024 yang kondisi tubuhnya drop, maka di rujuk untuk tindakan medis di Rumah Sakit Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong.

Melalui upaya nyata dan kepedulian Polri di bidang kesehatan sebagai andil turut mensukseskan Pemilu 2024 berjalan lancar dan aman, Iptu Rukwandi berharap dengan adanya pemeriksaan kesehatan bagi petugas Pemilu, setelah menjalankan tugas dapat kembali prima untuk berdinas di institusi masing-masing.

Adanya pemeriksaan dan pemberian multivitamin gratis dari Polresta Sidoarjo, mendapatkan acungan jempol dari Teguh, petugas Satpol PP Sidoarjo. Menurutnya pengamanan Pemilu begitu menguras tenaga apalagi cuaca belakangan ini juga sering hujan.

“Begitu di cek kesehatan dan diberi multivitamin, kami pun senang dapat terkontrol kondisi tubuh terkini. Semoga sehat dan tidak ada kendala,” ucapnya. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *