NasionalTNI

Wadan Kodiklatal Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke- 78

Surabaya, beritajatim.net – Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono mewakili Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 di Lapangan Tugu Pahlawan Surabaya dengan Inspektur Upacara (Irup) Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Jumat (10/11/2023).

Gubernur Jatim dalam sambutannya menyampaikan bahwa, bangsa Indonesia hari ini memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang para pendahulu dan para pendiri Republik yang dengan segenap pemikiran tindakan, serta aksi perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga kita semua pada saat ini dapat hadir di sini sebagai bangsa yang merdeka dan sederajat dengan bangsa-bangsa lain.

Demikian pula kepahlawanan menegaskan tentang sikap perjuangan ekonomi sebagai bangsa yang berdikari dan mampu menjawab tantangan-tantangan ekonomi kebangsaan yang dihadapinya. “Mengenang hari pahlawan pada tahun ini izinkan kami hendak mengangkat tema tentang ; kepahlawanan ekonomi, sisi kepahlawanan pendidikan, kepahlawanan kesehatan, kepahlawanan lingkungan dan seterusnya. Kepahlawanan adalah suatu tindakan kebangsaan yang sangat penting maknanya bagi keberlangsungan kita semua dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Gubernur Jatim.

Lebih jauh Ibu Khofifah mengatakan,
dari Doktor Muhammad Hatta kita mendapatkan pencerahan tentang sistem ekonomi gotong royong dan koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia dari situ kita dapat memikirkan dan mengambil langkah yang jelas tentang segenap tindak kepahlawanan ekonomi bagi kebaikan kita bersama saat ini kita menghadapi zaman baru zaman yang berbeda dengan para pendiri Republik ini.

“Yang paling utama bagi kemuliaan hidup bersama adalah satu langkah yang didasari oleh karakternya yang harus dirawat dalam pendidikan akhlak karakter dan budi pekerti menjadi kunci bagi kita untuk berjuang bersama sebagai warga dan tentu arek-arek Jawa Timur dalam semangat kepahlawanan,” pungkas Gubernur Jatim.

Adapun rangkaian upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November antara lain yakni
Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Pengibaran Sang Merah Putih, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Pembukaan UUD Tahun 1945 dan Pembacaan Pesan – Pesan Pahlawan dan Kata – Kata Mutiara.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut. @red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button