Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Ratusan Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLIII/1 TA 2023 Lulus Diksargol Di Puslatdiksarmil

Surabaya, beritajatim.net – Sebanyak 700 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL berhasil menyelesaikan Pendidikan Dasar Prajurit dan Tahap Dasar Golongan (Diskargol) hingga dinyatakan lulus. Hal ini diungkapkan oleh Komandan Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal , Kolonel Laut (P) Irwan S.P. Siagian saat resmi menutup Pendidikan Tahap Dasar Golongan siswa Dikmaba TNI AL angkatan XLIII/1 TA. 2023 di Lapangan Kawah Candradimuka Puslatdiksarmil Juanda, Senin (4/9).

Selama lima bulan seluruh siswa mengikuti Pendidikan di Puslatdiksarmil yang terdiri dari Pendidikan Dasar Prajurit (Diksarit) selama tiga bulan dan Pendidikan Dasar Golongan (Diksargol) selama dua bulan. Selanjutnya mereka akan dilantik dan diambil sumpah oleh Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono dan berhak menyandang pangkat Sersan Dua.

Usai pelantikan, mereka akan melanjutkan Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan (Diksargolan) di Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla), Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) dan di Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) selama 5-6 bulan untuk meneruskan pendidikan sesuai dengan kejuruan masing-masing.

Danpuslatdiksarmil dalam amanatnya mengatakan bahwa dengan ditutupnya Diksargol ini dan kemudian dilanjutkan dengan Upacara Pelantikan, menandakan bahwa siswa Dikmaba Angkatan XLIII/1 sudah menjadi seorang Bintara TNI AL.

“Itu berarti kalian sudah menjadi seorang prajurit TNI AL, hanya masih harus menyelesaikan Pendidikan lanjutan di kejuruan masing-masing. Untuk itu para Siswa harus dapat merubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak dari masyarakat sipil menjadi seorang Militer. Karena kalian akan menjadi tulang punggung kesatuan. Keberhasilan kalian menjadi Bintara TNI AL merupakan kunci untuk mewujudkan cita-cita TNI AL yang besar, kuat dan disegani oleh negara lain,”tegas Kolonel Irwan, sapaan karib Danpuslatdiksarmil. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *