Operasi Bersih Gunung, Perhutani bersama Forpimcam Plaosan Wujud Kepedulian Terhadap jalur Gunung Lawu Magetan

Magetan, beritajatim.net – Wujud Kepedulian Kebersihan Lingkungan, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Plaosan menggelar aksi bersih-bersih sekitar jalur Gunung Lawu, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sarangan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan pada Jumat (01/08).

Kegiatan tersebut selain dihadiri Perhutani juga dihadiri sejumlah kelompok, diantaranya Relawan Paguyupan Gunung Lawu (PGL) ,Hanom Hancala, Lembaga Masyarakat Desa Hutan LMDH) Lawu Permai, Hargolawu, Masyarakat Sarangan, Badab Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Plaosan, Pramuka, Dinkes, Seluruh Pengelola Wisata di Magetan, Paguyuban warung sekitar jalur Sarangan.TNI/Polri dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Magetan.

Dalam kesempatan itu, Administratur Perhutani Lawu Ds melalui Asisten Perhutani (Asper) BKPH Lawu Selatan, Windu Prasitama menyampaikan terimakasih kepda Forkopimcam Plaosan dan Komunitas Pecinta Alam, Masyarakat juga Instansi terkait.

“Acara bersih Gunung Lawu ini diadakan bermula karena prihatin dengan kondisi jalan Sarangan-Cemorosewu yang banyak sampah dari pengunjung. Oleh sebab itu kami beserta Forkopimca Plaosan khususnya, berinisiatif untuk membuat agenda bersih-bersih Gunung Lawu yang bersifat sukarela karena momentum 17 Agustusan juga masih terasa, sehingga para peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini,” terangnya.

“Selain itu setelah dibersihkan akan kami pasang papan himbauan untuk tidak membuang sampah di hutan ataupun pinggir jalan. Harapan dari kegiatan ini adalah supaya kedepan para pengunjung bisa sadar terhadap kebersihan dan juga tidak membuang sampah sembarangan, sehingga keindahan alam masih terjaga juga hutannya lestari,” tutur Windu.

Perhutani
Operasi Bersih Gunung, Perhutani bersama Forpimcam Plaosan Wujud Kepedulian Terhadap jalur Gunung Lawu Magetan

“Menjaga, melestarikan hutan dan membuat linkungan sekitar hutan bersih tentunya tidak hanya mengandalkan Perhutani saja, perlu adanya peran serta masyarakat, diantaranya Komunitas Pecinta Alam, oleh karena itu kami sangat mengapresiasi aksi bersih-bersih jalur sekitar hutan Gunung Lawu ini,” tutupnya.

Sementara itu Camat Plaosan,Dian Maheru Robbi W mengucapkan terima kasih kepada Perhutani Lawu Ds yang telah bergabung. Tujuan kegiatan tersebut untuk menjaga kebersihan dan keindahan alam di Gunung Lawu khususnyaa sepanjang jalur Sarangan-Cemorosewu.

“Harapannya kegiatan sosial seperti bersih Gunung Lawu ini bisa menjadi ajang untuk mempererat komunikasi dan Silahturahmi antar muspika maupun masyarakat sekitar, dan semoga bisa menjadi agenda rutin tahunan,” tuturnya.

“Semoga setelah kelihatan bersih di sekitar Gunung Lawu merupakan lokasi wisata alam favorit jalur pendakian. Menurutnya Gunung Lawu adalah tempat terbaik untuk menikmati fenomena alam sunrise maupun sunset dan buat camping Ground, Ayo kita menjaga dan melestarikan hutan,” terangnya. @red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *