TNI  

Aksi Pasukan Elite TNI AL Pukau Ratusan Peserta Integrasi Siswa Satdik-Satdik Kodiklatal

Surabaya, beritajatim.net – 24 Agustus 2023, Memasuki hari ke empat Pekan Integrasi Siswa Satdik- Satdik Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) , Ratusan peserta yakni Siswa Dikmaba dan Dikmata TNI Angkatan XLIII TA 2023 dari Satuan Pendidikan (Satdik)-1 Tanjung Uban, dan Satdik-2 Makassar berkesempatan mengunjungi markas pasukan elite TNI AL di Surabaya, Kamis (24/8/2023).

Kunjungan pertama dimulai dari mengunjungi Sarang Hiu, yakni Satuan Kapal Selam (Satsel) yang berada di Koarmada II. Tiba disana seluruh siswa disambut oleh Komandan KRI Cakra-401 Letkol Laut (P) R.Nurcahyo dan Komandan KRI Alugoro-405 Letkol Laut (P) Topan Agung Yuwono. Tidak tanggung-tanggung seluruh peserta yang berjumlah 507 siswa, dan terbagi menjadi beberapa kelompok mendapat kesempatan masuk kedalam KRI Alugoro-405 dan KRI Cakra – 401. Ini menjadi hal istimewa karena tidak semua orang bisa masuk kedalam kapal selam.

Decak kagum Siswa Satdik-1 dan Satdik-2 tidak berhenti saat kunjungan berlanjut ke Markas Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II. Di Markas salah satu pasukan khusus dan elite TNI AL tersebut, mereka diterima langsung oleh Dansatkopaska Koarmada II Kolonel Laut (P) Sadarianto. Selama keberadaan siswa disana, mereka diperkenalkan profil Satkopaska kemudian yang ditunggu yakni aksi demo para Pasukan Katak dalam melakukan infiltrasi pasukan dari laut ke kapal, terjun ke laut lepas, dan rapling.

Tni
Aksi Pasukan Elite TNI AL Pukau Ratusan Peserta Integrasi Siswa Satdik-Satdik Kodiklatal

Tidak lepas dari kedalaman air, berikutnya seluruh siswa mengunjungi Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II yang merupakan markas para penyelam handal TNI AL. Kedatangan siswa diterima langsung oleh Kadislambair Koarmada II Kolonel Laut (T) Yudha Pia Rombe. Setelah perkenalan singkat, siswa segera diajak menuju Diving Tank untuk melihat demo pengelasan bawah air.

Selain bertujuan menjalin komunikasi dan pengenalan antara siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLIII TA 2023 di Kodiklatal, serta sebagai upaya untuk mewujudkan soliditas dan integrasi yang kuat diantara siswa bahwa mereka adalah satu angkatan, Pekan Integrasi Siswa Satdik-Satdik Kodiklatal juga bertujuan mengenalkan TNI AL lebih dekat kepada siswa yakni tentang Peraturan Dinas Dalam Khas TNI AL, pengenalan peralatan-peralatan yang ada di KRI mulai dari Sistem Senjata, Sistem Navigasi, Komunikasi, Permesinan, serta satuan atau Dinas yang ada di jajaran TNI AL.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @Red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *