TNI  

Perkuat Solidaritas , Dankodiklatal Buka Pekan Integrasi Siswa Satdik Kodiklatal Tahun 2023

Surabaya, beritajatim.net – 21 Agustus 2023, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, resmi membuka kegiatan Pekan Integrasi Siswa Satuan Pendidikan (Satdik) -1 dan Satdik -2 Kodiklatal Tahun 2023 di Lapangan Laut Maluku, Mako Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin (21/8/2023).

Pekan Integrasi Siswa Satdik Kodiklatal tahun ini hanya diikuti dua satuan pendidikan yakni Satdik-1 Tanjung Uban, dan Satdik-2 Makassar. Sedangkan Satdik-3 Sorong untk sementara tidak dapat bergabung di Surabaya. Tercatat 507 orang siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Dikmata (Dikmata) TNI AL Angkatan XLIII TA 2023, mengikuti Pekan Integrasi yang menjadi agenda rutin Kodiklatal setiap tahunnya. Jumlah tersebut terdiri dari Satdik-1 sebanyak 250 orang (100 siswa Dikmaba,150 siswa Dikmata), dan Satdik-2 sebanyak 257 orang (106 siswa Dikmaba, 151 siswa Dikmata)

Dankodiklatal dalam amanat menyampaikan bahwa Pekan Integrasi Siswa yang dilaksanakan dari tanggal 21 sampai dengan 26 Agustus 2023 ini untuk bertujuan guna menjalin komunikasi dan pengenalan dengan siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLIII TA 2023 di Kodiklatal, serta sebagai upaya untuk mewujudkan soliditas dan integrasi yang kuat diantara siswa bahwa mereka adalah satu angkatan.

“Walaupun tempat pendidikannya berbeda, tapi mereka adalah satu angkatan. Ini akan memberikan kebanggaan dan menumbuhkan semangat Jiwa Korsa, Rasa Senasib sepenanggungan serta Solidaritas bagi Para Siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLIII Tahun 2023,” tutur Dankodiklatal.

Tni
Perkuat Solidaritas , Dankodiklatal Buka Pekan Integrasi Siswa Satdik Kodiklatal Tahun 2023

Terkait Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang digunakan oleh siswa Satdik menuju Surabaya, Dankodiklatal mengungkapkan jika hal itu dimaksudkan untuk mengenalkan kehidupan di Kapal Perang, khususnya penerapan Peraturan Dinas Dalam Khas TNI AL, pengenalan peralatan-peralatan yang ada di KRI mulai dari Sistem Senjata, Sistem Navigasi, Komunikasi, Permesinan, dan lain sebagainya.

Dalam rangka Pekan Integrasi ini, para siswa akan mengikuti banyak kegiatan. Diantaranya adalah orientasi di Mako Kodiklatal dan jajaran Komando Pelaksana Kodiklatal, seperti Kodikopsla, Kodikmar, Kodikdukum, Puslatlekdalsen, dan Puslatdiksarmil. Selain kunjungan di dalam jajaran organisasi Kodiklatal sendiri, para siswa nanti juga akan mengadakan kunjungan ke Koarmada II sebagai Pangkalan TNI AL terbesar di Indonesia, Puspenerbal sebagai pelaksana pusat penerbangan TNI AL dan Brigif-2 Mar sebagai inti pasukan pendarat amfibi yang bermarkas di Gedangan Sidoarjo.

“Manfaatkan waktu pekan integrasi ini untuk saling mengenal dengan sesama siswa di lingkungan Kodiklatal. Jalin kerja sama, pupuk jiwa korsa, rasa senasib sepenanggungan serta bangun solidaritas dan kebersamaan antar siswa,” tandas Dankodiklatal.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @Red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *