TNI  

Intensif Cegah Stunting, Babinsa Menganti Bersama Tim Pencegahan Stunting Lakukan Pemantauan Balita dan Anak-Anak

Gresik, beritajatim.net – Pemkab Gresik terus berupaya melakukan pencegahan dan penurunan kasus stunting dengan melibatkan anggota Babinsa. Dalam program ini, anggota Babinsa ikut membantu memantau perkembangan balita dan anak-anak.

Terkait dengan hal tersebut, Babinsa Menganti Peltu Hadi Santoso mengatakan, pihaknya ikut melakukan pemantauan perkembangan balita dan anak-anak dalam rangka pencegahan stunting yang menjadi bagian dari program pemerintah.

“Kami terjun ke lapangan untuk ikut melakukan pencegahan stunting dengan melaksanakan pendampingan di posyandu balita di Desa Boboh, Kecamatan Menganti yang menjadi wilayah binaan,” kata Peltu Hadi Santoso, Selasa (15/08/2023).

Untuk itu, harapan Peltu Hadi Santoso, kegiatan pelayanan posyandu jangan sampai berhenti karena pelayanan posyandu sangat bermanfaat untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak-anak.

“Kami sebagai Babinsa selalu mendukung sepenuhnya dalam pelaksanaan imunisasi bagi balita untuk mewujudkan program pemerintah dalam menciptakan balita dan anak-anak yang sehat demi tercapainya generasi penerus bangsa yang unggul,” ucap Peltu Hadi Santoso.

Tni
Intensif Cegah Stunting, Babinsa Menganti Bersama Tim Pencegahan Stunting Lakukan Pemantauan Balita dan Anak-Anak

Lebih lanjut, menurutnya stunting merupakan keadaan tubuh kembang yang sangat lambat dan pendek atau dalam Bahasa Jawa disebut kuntet. Stunting dapat terjadi sebagai akibat adanya kekurangan gizi pada balita dan anak-anak.

“Salah satu cara dalam pencegahan stunting yaitu pemenuhan gizi dan pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil dan balita yang harus diutamakan. Petugas juga harus melakukan pengecekan kesehatan secara rutin,” ujar Peltu Hadi Santoso.

Upaya penanganan stunting sendiri akan berpengaruh terhadap kemajuan bangsa dan negara. Dimana kondisi stunting berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak dan status kesehatan saat anak-anak tumbuh dewasa kelak. Karena merekalah sebagai generasi muda penerus bangsa.

Selain dilakukan pemantauan perkembangan balita dan anak-anak di posyandu balita, Babinsa Peltu Hadi Santoso beserta tim mengunjungi langsung ke rumah-rumah balita yang dalam pemantauan intensif oleh tim pencegahan stunting. @Red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *