Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Gunakan Pesawat Nirawak, Siswa Dikspespa Teknik Kodiklatal TA 2023 Latihan Pemetaan Udara

Surabaya, beritajatim.net – Menggunakan Pesawat Nirawak atau dikenal dengan Drone, Siswa Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) Teknik Fasilitas Pangkalan (Faslan) dan Kontruksi Bangunan TNI AL Tahun 2023 melaksanakan Latihan Perahtek (Lattek) Topografi dan Ukur Tanah dengan Materi Pemetaan Udara (Aerial Mapping) di Lapangan Apel E.H. Thomas Pusdiktek Kodikdukum Kodiklatal Surabaya, Senin (7/8/2023).

Mengutamakan profesionalitas, Kodiklatal mendatangkan langsung Instruktur dari Dinas Fasilitas Pangkalan TNI Angkatan Laut (Disfaslanal) Mabesal yakni Mayor Laut (KH) Aprilian Ismana, S.T yang kesehariannya menjabat sebagai Kasubsi Datafasrumdiksos. Sementara itu Komandan Sekolah Perwira Pusdiktek Letkol Laut (T) Dedi Junaedi , bersama Paopsjar Pusdiktek Mayor Laut (T) Irwantono tampak ikut menyaksikan langsung proses Lattek tersebut.

Tni
Gunakan Pesawat Nirawak, Siswa Dikspespa Teknik Kodiklatal TA 2023 Latihan Pemetaan Udara9

Menurut Letkol Dedi Junaedi, tujuan Lattek ini adalah untuk mendidik dan membekali Para Siswa dengan Ilmu tentang Topografi dan Ukur Tanah, agar kelak mereka memiliki keterampilan tentang survei dan pemetaan serta cara mendapatkan data ukur di lapangan. “Sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan TNI Angkatan Laut sebagai Kepala Urusan Fasilitas Pangkalan di pendirat,” terangnya.

Beliaupun berharap selesai mengikuti mata pelajaran ini para siswa mampu melaksanakan pemetaan udara dengan baik dan benar. Sementara itu dalam upaya mentransfer ilmu, Mayor Laut (KH) Aprilian Ismana memberikan materi tentang foto udara, perbedaan pengukuran konvensional dengan drone UAV, kemudian perbandingan peta citra foto udara dengan foto citra satelit, alur foto udara, tampilan foto udara, keunggulan peta citra foto udara, output peta citra foto udara dan tipe data yang bisa didapat dengan drone.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *