Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Dankodiklatal Tinjau Puncak Latihan Gabungan TNI 2023

Surabaya, beritajatim.net – 1 Agustus 2023, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono meninjau langsung aksi Pendaratan Pasukan Amfibi Korps Marinir di Pantai Banongan, Situbondo Jawa Timur pada Selasa (1/8/2023).

Kedatangan orang nomor satu di jajaran Kodiklatal ini adalah sebagai Ketua Tim Penilai (Katimlai) dalam acara Puncak Latihan Gabungan (Latgab) TNI Tahun 2023, yang mengusung tema “Kogabwilhan TNI melaksanakan Kampanye Militer di Mandala Operasi Dalam Rangka Menegakkan Kedaulatan NKRI”.

Dengan Sandi Dharma Yudha puncak acara Latgab TNI 2023 itu dimulai dengan skenario latihan gabungan Tank Amfibi yang mendarat di Pantai Banongan menuju ke pendaratan amfibi untuk merebut sasaran pantai. Setelah menguasai pantai, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Radjiman Wedyodiningrat 992 memberikan bantuan tembakan untuk membuka jalan bagi pasukan menuju sasaran.

Tni
Dankodiklatal Tinjau Puncak Latihan Gabungan TNI 2023

Skenario dilanjutkan dengan pasukan Latgab TNI yang merangsek menghancurkan induk pasukan musuh. Operasi dukungan bantuan tempur itu didukung oleh Armed 8 Kodam V/Brawijaya, Brigif 2 Marinir, Yonkav 8 Divisi 2 Kostrad, dan Yonkav 3/Tank Kodam V Brawijaya. Operasi darat gabungan tersebut merupakan operasi lanjutan setelah Operasi Udara Gabungan, Operasi Smfibi, Operasi Lintas Udara, dan Operasi Pendaratan Administrasi.

Pasukan Darat Gabungan terdiri dari Komando Tugas Darat Gabungan Kodam V/Brawijaya yang melibatkan Brigif para raider 16 Wirayudha, Komando Tugas Gabungan Lintas Udara Brigif 18 Trisula, dan Komando Tugas Gabungan Amfibi 2 Marinir. Selanjutnya, pasukan tersebut diperkuat oleh jajaran Komando Tugas Udara Gabungan yaitu Skadron 15 dan Skadron 21, yang pelaksanaannya dibutuhkan kerja sama solid dalam komando dan pengendalian.

Selain ditinjau langsung oleh Menkopolhukam Mahfud M.D., dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, puncak acara Latgab TNI 2023 turut dihadiri oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali serta sejumlah pejabat utama TNI lainnya.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.  @Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *