Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Tiga Bulan Jalani Diklatsarmil, 500 Komcad Matra Laut Siap Perkuat Kemampuan Komponen Utama TNI

Surabaya, beritajatim.net – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, resmi menutup Pendidikan Latihan Dasar Militer (Diklatsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) Matra Laut Tahun 2023 di Lapangan Ewa Pangalila Mako Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Gunung Sari Surabaya, Senin (31/7/2023).

500 Siswa Komcad yang terdiri dari 450 Siswa Pria dan 50 Siswa Wanita berhasil lulus dalam pendidikan selama tiga bulan di Kawah Candradimuka Kodikmar, sejak tanggal 8 Mei hingga 31 Juli 2023. Mereka datang dari berbagai Profesi seperti Karyawan Swasta, Pelajar dan juga Mahasiswa dari Universitas Hang Tuah Surabaya, Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, maupun Politeknik Pelayaran Jogjakarta, Sidoarjo serta Jembrana. Juga ada karyawan dari PT. PAL Indonesia , dan Abdi Dalem dari Keraton Yogyakarta.

“Dengan selesainya kegiatan pendidikan dasar kemiliteran ini, saya harap anggota Komcad dapat melaksanakan tugas sesuai fungsinya masing-masing, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan secara teori maupun praktek di lingkungan kerja, masyarakat dan negara dengan baik dan benar. Yang terpenting adalah dapat mengobarkan semangat bela negara dalam penerapan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta atau Sishankamrata kepada seluruh komponen lainnya,” terang Dankodiklatal saat membacakan amanat Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Tni
Tiga Bulan Jalani Diklatsarmil, 500 Komcad Matra Laut Siap Perkuat Kemampuan Komponen Utama TNI

Lebih jauh Dankodiklatal mengungkapkan jika komponen cadangan pertahanan negara harus siap Dimobilisasi sesuai perintah Presiden RI dengan persetujuan DPR RI dengan Komando dan kendalinya berada di Panglima TNI.

“Saudara-saudara sekalian akan bertugas memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama dalam menghadapi ancaman demi menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tandas Dankodiklatal.

Dalam upacara penutupan secara militer tersebut, anggota Komcad Matra Laut berkesempatan memperlihatkan kemampuan mereka melakukan Kolonel Senjata, Bela Diri Militer, dan ditutup dengan Defile. Selanjutnya Anggota Komcad Matra Laut bergabung dengan Matra Darat dan Matra Udara melaksanakan Latihan Pembulatan dan Upacara Penetapan di Pusdiklatpasus Batujajar Bandung.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *