TNI  

Sepuluh Rescuer Penerbangan TNI AL Laksanakan Misi Penyelamatan di Bukit Bentar

Probolinggo, beritajatim.net – Sepuluh Rescuer Penerbangan TNI Angkatan Laut yang tengah digodok Komando Latihan Penerbangan TNI Angkatan Laut (Kolat Penerbal) Puspenerbal, melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) misi penyelamatan korban di Bukit Bentar, Probolinggo, Jawa Timur, Senin (17/7/22023).

Kursus Rescuer Penerbal kali ini, diikuti sepuluh personel Perwira, Bintara dan Tamtama yang berdinas di Lanudal Juanda dan Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda.

Komandan Komando Latihan Penerbangan TNI Angkatan Laut (Dankolatpenerbal), Kolonel Laut (P) Gugus Wahyu S.U., S.H., M.Tr.Hanla., M.M. mengatakan, Lattek Rescuer merupakan aplikasi dari materi yang telah diterima oleh peserta di kelas, dengan tujuan sejauh mana kemampuan peserta dalam mengaplikasikan materi tersebut di lapangan.

Tni
Sepuluh Rescuer Penerbangan TNI AL Laksanakan Misi Penyelamatan di Bukit Bentar

Problem yang harus diselesaikan para peserta lanjut Gugus, adalah melaksanakan skenario latihan berupa misi penyelamatan korban kecelakaan pesawat yang menurut informasi terjatuh daerah di Bukit Bentar, Probolinggo, Jawa Timur.

“Dalam Lattek ini, peserta terbagi dalam dua Satuan Regu (Sru), masing-masing Sru beranggotakan lima personel. Adapun materi Lattek yang dilaksanakan yaitu problem penyelamatan korban di laut, hutan dan evakuasi korban di ketinggian,” terang Gugus.

Sebelumnya pelaksanaan Lattek ini tambahnya, mereka telah dibekali dengan materi dasar rescuer, yaitu pengetahuan pedoman penyelenggaraan operasi SAR oleh Basarnas, first medical responder, penyelamatan korban di air dan ketinggian, survival serta metode pencarian dan penyelamatan korban di laut dan hutan.

“Alhamdulillah, selama Lattek berlangsung, antusiasme peserta sangat tinggi sehingga kegiatan Lattek bisa berjalan dengan lancar, aman dan terkendali,” pungkasnya. @red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *