TNI  

Dankodiklatal Hadiri Penutupan Latihan Armada Jaya XLI di Mabesal

Surabaya, beritajatim.net – Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono beserta para Pangkotama TNI Angkatan Laut menghadiri penutupan Latihan Armada Jaya XLI Tahun 2023 yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, bertempat di Auditorium Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur. Senin, (03/07/2023).

Dalam waktu kurang lebih dua minggu terakhir, sejak tanggal 12 Juni sampai dengan 3 Juli 2023, secara umum TNI AL telah menuntaskan semua rangkaian Latihan Armada Jaya ke-41 Tahun 2023 dengan aman dan lancar. Seluruh tahapan latihan mulai dari Tahap Geladi posko sampai dengan Manuver Lapangan, sejatinya merupakan bagian penting dari upaya integral dalam pembinaan kekuatan dan pengembangan kemampuan seluruh komponen kekuatan TNI Angkatan Laut.

Laksamana TNI Muhammad Ali mengungkapkan kesuksesan latihan ini tidak hanya dilihat dari hasil produk latihan maupun kegiatan manuver lapangan semata, namun pemahaman akan doktrin dan kemampuan dalam menyusun langkah perencanaan operasi, turut memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keberhasilan latihan serta konsep operasi gabungan yang direncanakan. Inovasi yang muncul pada setiap proses tahapan kegiatan latihan, akan memberikan dampak positif dalam upaya untuk mewujudkan kekuatan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern dan Tangguh.

“Selama pelaksanaan latihan, tentunya terdapat beberapa kendala yang dihadapi baik yang bersifat teknis maupun non-teknis. Kendala yang muncul tersebut merupakan dinamika tantangan yang menggambarkan situasi riil yang mungkin akan kita hadapi dalam situasi operasi yang sebenarnya. Seluruh temuan dan kendala yang ditemui pada latihan ini agar dijadikan perhatian sebagai bahan masukan dan evaluasi dalam pelaksanaan Latihan Armada Jaya berikutnya sehingga dapat terlaksana lebih baik lagi,” ujar Kasal.

Tni
Dankodiklatal Hadiri Penutupan Latihan Armada Jaya XLI di Mabesal

Lebih jauh dikatakan bahwa, pelaksanaan evaluasi secara komprehensif diharapkan mampu membantu mengidentifikasi kekurangan dan kesalahan serta memberikan landasan bagi perbaikan yang diperlukan khususnya dalam hal interoperabilitas, efektivitas dan efisiensi operasi. Dengan demikian, tujuan latihan yang kita laksanakan betul-betul dapat tercapai untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dalam menghadapi tantangan pada masa yang akan datang sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis yang semakin kompleks dan dinamis.

Menutup amanatnya Kasal mengatakan latihan menjadi manifestasi dari dedikasi dan komitmen seluruh Prajurit Jalasena untuk menunjukkan kemampuan terbaik kita. Latihan memberi kekuatan dan kepercayaan diri dalam menjalankan tugas dan menghadapi medan perang yang sesungguhnya. keberhasilan prajurit Jalasena hanya dapat diraih dalam kebersamaan. Jadilah prajurit terlatih yang terus bersama-sama berlatih dalam mencapai kemenangan demi kemenangan.

Sementara itu di tempat yang berbeda yaitu Gedung Auditorium Sudomo JOPR Kodiklatal, secara virtual juga dilaksanakan kegiatan Pentupan dan Evaluasi Latihan Armada Jaya XLI Tahun 2023 dipimpin oleh Dankodikdukum Kodiklatal Laksma TNI Budi Raharjo dan dihadiri Dirdok Kodiklatal May Franky Pasuna Sihombing, dan para Wasdal, Penilai, Litbang, Evalat serta pendukung lainnya.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal. @red

http://beritajatim.net/wp-content/uploads/2024/05/IKLAN-ADV-IDUL-ADHA-1445-H-OKE-scaled.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *