Sarana Informasi Terkini & Terpercaya
TNI  

Danlanal Denpasar Lantik Saka Bahari Kwartir Daerah Bali Angkatan XIX Tahun 2023

Denpasar, beritajatim.net – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E., melantik 58 anggota Pramuka baru Saka Bahari Kwartir Daerah Bali Angkatan XIX tahun 2023 di Mako Lanal Denpasar Jl. Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, (16/06/2023).

Danlanal Denpasar menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing (Kamabi) Pramuka Saka Bahari Tingkat Daerah Bali. Bertindak sebagai Komandan upacara Ananda Wahyu Pranata dari anggota Dewan Pembina Saka Bahari.

Dalam amanatnya Pembina Upacara juga sekaligus menyampaikan pernyataan resmi pembukaan kepada Satuan Karya (SAKA) yang merupakan kegiatan kepramukaan sebagai tempat untuk menyalurkan minat dan bakat dari para pemuda Indonesia yang berusia 16 sampai 25 tahun dan Saka Bahari ini merupakan binaan TNI AL yang merupakan sebagai salah satu wadah nasional gerakan Pramuka yang berasal dari komponen cadangan sumber daya manusia yang pada hakekatnya adalah implementasi amanah UUD tahun 1945 tentang hak dan kewajiban seluruh warga negara dalam upaya bela negara.

Tni
Danlanal Denpasar Lantik Saka Bahari Kwartir Daerah Bali Angkatan XIX Tahun 2023

Lebih lanjut bahwa Wilayah Nusantara yang dua pertiganya merupakan lautan dan negara kepulauan terbesar di dunia dan laut nusantara, dimana masa depan perekonomian bangsa Indonesia di masa yang akan datang yakni tuntutannya hanya satu yaitu memiliki mental yang dinamis dan berani menghadapi tantangan yang hanya terbentuk dalam tataran manusia Bahari.

“Modal dasar kehidupan bahari telah dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL Denpasar dengan memberikan kesempatan pembinaan saka bahari untuk turut serta dan aktif dalam beberapa kegiatan daerah maupun nasional”, Pungkas Danlanal Denpasar.

Hadir dalam giat tersebut Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Gede Padang, Pasops Mayor Laut (P) Tatak Indarto, Pasminlog, Dandenpom, Paspotmar selaku Kapimsaka Bahari, Perwira Lanal Denpasar, Sekertaris Kwarda Bali, Sekertaris Kwarcab Denpasar dan Para Dewan Pembina Saka Bahari. @red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *